Ragam

Yuk Tiru Ariana Grande: Jangan Malu Bicara Kesehatan Mentalmu!

Bagi sebagian orang menderita mental illness atau yang biasa disebut penyakit mental adalah sebuah aib yang harus disembunyikan.

Alasannya pun beragam, malu atau karena ingin selalu tampak sempurna di depan semua orang. Namun tahukah anda, semakin besar upaya menyembunyikan penyakit mental, justru akan semakin memperburuk keadaan diri.

Bagi kamu yang memiliki penyakit ini, tak perlu lagi malu dan bersembunyi. Sebab dengan showing up atau membuka diri kemudian membicarakannya kepada orang terdekat akan sangat membantu.

Seperti yang dilakukan penyanyi cantik Ariana Grande. Mantan tunangan Pete Davidson itu mulai berani membicarakan kesehatan mentalnya secara terbuka.

Dalam program BBC Music, baru-baru ini, Grande jujur mengakui dia punya kegelisahan berlebih (anxiety). Perasaan itu membuatnya sering merasa bersalah.

“Saya hampir merasa bersalah karena merasa gelisah, karena perasaan itu ada di kepalamu dan gila sekali bagaimana kuatnya perasaan itu,” tutur Grande, mengutip NME.

“Kamu mengalami naik dan turun kehidupan, dan kadang ada waktu kamu berhasil menghancurkannya, tak ada lagi kegelisahan. Lalu sesuatu jadi pemicunya, dan kamu menjalani hari-hari buruk,” lanjutnya.

Grande mendorong lebih banyak orang yang merasakan hal yang untuk berani berbicara. Di kesempatan yang sama dia pun menyatakan punya dukungan kuat dari keluarga dan teman-temannya.

“Hal yang terpenting adalah tetap mengingat, semua orang punya hal seperti ini. Bicaralah pada orang yang kaucintai, minta bantuan, terutama pada teman-temanmu. Saling tolong-menolong,” pesan Grande, dilansir CNNIndonesia.

Belakangan ini Grande mengalami banyak kejadian dalam kehidupan pribadinya. Pada September 2017, mantan kekasihnya Mac Miller meninggal dunia, dipercaya akibat overdosis.

Tak lama kemudian, pelantun ‘No Tears Left to Cry’ ini menjalin kasih dengan Pete Davidson. Dalam hitungan bulan, keduanya bertunangan, pindah ke rumah baru bersama, dan baru-baru ini membatalkan pertunangan tersebut.

Daripada menyimpan cincin pertunangan berharga miliaran, Grande memilih untuk tetap memelihara babi peliharaan mereka bersama.

Dijadwalkan menjalani tur ‘Sweetener’, Grande sempat mengumumkan keinginannya rehat dari dunia maya. Namun tak lama juga, ia menghapus kembali unggahan pemberitahuan itu.

Alih-alih, dia membuat pengumuman kedua, menyatakan dirinya siap berkeliling dunia lagi, memenuhi jadwal tur yang sudah ditentukan.

Meski banyak orang meragukan kesiapan Grande untuk tur ‘Sweetener’, tampaknya berada di atas panggung dan melakukan hal yang disukai bisa menjadi obat yang ampuh untuknya.

“Saya siap. Hati saya membutuhkannya,” tulisnya di Twitter kepada penggemar.

Masalah kesehatan mental jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu, misalnya saja Komunitas Save Yourselves https://www.instagram.com/saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.

 

 

Komentar Facebook
Tags

Artikel Terkait