Zakaria: 20 Ton Bibit Bawang Tiba di Gayo Lues

oleh -155 views

GAYO LUES – Sebanyak 20 Ton bibit bawang merah sudah masuk ke Gudang milik Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues, yang ada di Blangtunggulun Kecamatan Blangkejeren.

Namun sebelum dibagikan kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani, pihak Dinas Pertanian setempat, terlebih dulu membuka bungkus bibit tersebut dan dilakukan penyortiran.

Hal tersebut dilakukan, untuk mendapatkan bibit yang bagus. Pasalnya, kondisi benih bawang merah yang baru datang tadi panas serta seringnya dilakukan penyemrotan pada tiap perbatasan, sehingga, kondisi benih menjadi basah.

“Sudah dua malam kami melakukan penyortiran.” tutur Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Zakaria, S.Hut, saat dikonfirmasi via selulernya, Rabu (10/6/2020).

Saat ditanyakan pola penyalurannya, Zakaria mengungkapkan, bahwa untuk penyaluran benih bawang ini agar tepat sasaran, pihaknya melibatkan pihak TNI, sehingga setiap kelompok tani nantinya mengambil benih tersebut di Koramil masing-masing.

Kemudian untuk mengambil benih bawang merah di Gudang Dinas Pertanian, langsung dilakukan para Babinsa dan penyuluh pertanian, ujarnya, seraya menambahkan, sebanyak 21 Ton benih bawang merah masih dalam perjalanan.

Sebelumnya, pihak Dinas Pertanian Kabupaten Gayo Lues, sudah membagikan benih bawang merah sebanyak 6 Ton kepada kelompok tani yang ada beberapa Desa di Gayo Lues.

Reporter: Putra