Opini  

Sampah Berserakan di Percut Sei Tuan

Tumpukan sampah hingga melebar smpai ke jalanan

DELISERDANG | Kesadaran masyarakat akan kebersihan sepertinya masih sangat rendah di kawasan Percut Seituan, Deliserdang. Terbukti mereka membuang sampah sembarangan padahal tmpat sudah disediakan.

Memang aneh, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sangat dekat dengan tumpukan sampah yang berserakan itu. Tapi mengapa sampah-sampah tersebut malah dibuang dengan cara dilempar ke pinggir jalan hingga berserakan.

Kondisi seperti inilah yang terlihat di kawasan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, atau tepatnya di Desa Sei Rotan.

Hal ini terlihat, belum adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang agar tidak mencemari lingkungan dan terhindar dari penyakit.

Oleh karena itu pemerintah setempat diharapkan segera turun tangan untuk mengatasi persolaan sampah yang berserakan di Jalan Pendidikan Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan.

Sebab, hingga saat ini belum adanya tindakan pemerintah setempat atas tumpukan sampah yang beserak itu.

Seharusnya pemerintah setempat dapat melalukan himbauan, seperti membuat plank “Dilarang Membuang Sampah”.

Kemudian, pemerintah setempat juga dapat melaksanakan patroli di sepanjang jalan tersebut untuk menegur dan bila perlu memberikan sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan dengan cara dilempar.

Dengan himbauan dan tindakan pemerintah tersebut, masyarakat patinya tidak akan membuang sampah sembarangan hingga ke ruas jalan yang dapat menghambat aktivitas para penggendara.

Laporan : Asma Nadya Nasution / Mahasiswa UNIMED