Ragam  

Strategi Komunikasi Wujudkan Zona Integritas Menuju WBBM di Sumut

Inspektur I pada Jaksa Agung Muda (JAM) Pengasawan Haruna SH MH hadiri apel pagi Kawasan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Kamis (2/3/2023).

Di halaman Kantor Kejati Sumut, Jalan AH Nasution – Kota Medan, Inspektur I JAM Pengasawan disambut Kajati Sumut Idianto SH MH didampingi Wakajati Asnawi SH MH, para Asisten, Koordinator, Kabag TU, Kasi dan seluruh jajaran Kejati Sumut.

Penandatanganan fakta integritas menuju Zona Integritas WBK/WBBM dirangkai dengan pelepasan balon pertanda dimulainya program pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM di Kejati Sumut.

Adapun kunci keberhasilan pembangunan Zona Integritas harus diawali komitmen pimpinan, baik unsur staf dan jajaran selaku agen – agen perubahan serta soliditas tim kerja.

Selain itu, data dukung dan kelengkapan lembar kerja harus lengkap. Membuat program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hasil survei mandiri indeks persepsi korupsi serta indeks kepuasan masyarakat(IKM).

Kemudian, kanal pengaduan harus berfungsi baik dan direspon secara cepat, membuat inovasi upaya perbaikan publik dan pencegahan korupsi, budaya kerja serta membuat strategi komunikasi atau manajemen media.

Selanjutnya, melibatkan semua pihak tanpa terkecuali, intensitas kerja sama yang akuntabel, mengedepankan integritas dan profesionalisme.

Dan tak kalah penting stop pungli dan masyarakat merasa puas atas kinerja yang telah dilakukan jajaran Korps Adhyaksa.

Kajati Sumut Idianto mengatakan Zona Integritas adalah upaya membangun lingkungan birokrasi dengan sumber daya manusia dan sistem kerja tidak hanya bebas dari korupsi tetapi budaya melayani yang lebih baik ke depannya.

“Melalui Zona Integritas, kita menerapkan area-area perubahan, antara lain manajemen perubahan, penguatan ketatalaksanaan, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Idianto dalam sambutannya.

Dijelaskan Idianto, tahun lalu pencanangan dan penilaian secara nasional namun Kejati Sumut belum mendapat predikat Zona Integritas WBK.

“Dengan penandatangan fakta integritas seluruh jajaran, mari kita sukseskan pelaksanaan pembangunan zona integritas sehingga implementasinya mampu memenuhi harapan,”harap mantan Kajati Bali ini.

Seusai apel dan penandatanganan Integritas, Idianto turut menyematkan pin dan selempang ‘Kami Siap Melani’ bagi petugas yang terpilih sebagai garda terdepan pembangunan zona integritas dari masing-masing bidang.

Menariknya, tak kalah seruhnya saat pelepasan balon ke udara pertanda dimulainya pembangunan zona integritas WBK/WBBM di Kejati Sumut disambut tepuk tangan meriah seluruh jajaran.

Integritas Nyata

Catatan Orbitdigitaldaily.com, sebelumnya Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Ida Bagus Nyoman Wiswantanu(IBN) memastikan jajarannya komitmen dan secara nyata mengimplementasikan pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Hal itu ditegaskan Kajati Sumut IBN, Senin(5/4/2021) saat pencanangan Zona Integritas WBK/WBBM secara daring di Gedung Adhyaksa Hall Kejati Sumut.

IBN meminta pihaknya harus berbenah diri dengab satu tujuan yang mulia. Sebab, jati diri Adhyaksa adalah abdi negara dan abdi masyarakat dan dalam kiprahnya bertugas menegakkan hukum dan ketertiban umum.

“Tinggalkan zona nyaman dan praktik penyimpangan wewenang sebagai penegak hukum” kata Ida Bagus Nyoman Wiswantanu.

Janji Suci

IBN dihadapan para Asisten dan Koordinator, didampingi Wakajati Agus Salim mengatakan sesungguhnya sumpah setia mengandung makna bagi setiap insan Adhyaksa terkandung integritas yang tinggi melaksanakan peraturan secara sungguh-sungguh, obyektif, berani, jujur, adil dan professional.

“Kita sudah mengucapkan sumpah dan komitmen. Sumpah merupakan janji suci dihadapan Tuhan. Saya mengajak seluruhnya melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh tanpa penyimpangan, ” kata IBN Wiswantanu seusai menandatangani komitmennya.

Selain menyaksikan penandatanganan fakta Integritas Kejari Medan, Kejari Dairi dan jajarannya turut menyampaikan berbagai terobosan baru guna mewujudkan WBK dan WBBM

Selanjutnya, Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi secara daring (zoom) turut memberikan pengarahan dan dukungan semangat kepada seluruh Insan Adhyaksa di Sumatera Utara.

Pola Pikir

Berselang setahun kemudian peralihan jabatan Kajati diemban Idianto, tepatnya, Kamis (31/3/2022), Idianto menggelar apel integritas pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) berlangsung di Adhyaksa Hall Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan.

Apel zona integritas menuju WBK turut diikuti seluruh jajaran lewat penandatanganan fakta Integritas (Komitmen Bersama) zona Integritas menuju WBK.

Dalam arahannya, administrasi sebelumnya secara manual dan kini serba digital. Tentunya membangun zona integritas dengan kualitas SDM dan budaya melayani,

Dan harus diakui, berbagai hambatan namun perubahan pola pikir (mindset) maka upaya perbaikan mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani akan memberikan pelayanan baik kepada seluruh elemen masyarakat.

Idianto menegaskan peningkatan kinerja bukan hanya soal kuantitas, tetapi kualitas juga. Moral dan kepekaan terhadap rasa keadilan di tengah masyarakat harus nyata.

“Saya mendorong terbentuknya reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang baik. Tahun ini Kejati Sumut bisa meraih WBK dengan berbagai program unggulannya,” tegasnya sembari menyematkan selempang “Kami Siap Melayani” dan pemasangan pin.

Mengawali penandatanganan fakta integritas turut diikuti Edyward Kaban, Asintel I Made Sudarmawan, Aspidum Arip Zahrulyani, Aspidsus Anton Delianto, Asbin Sufari, Kabag TU Rahmad Isnaini, para Koordinator, para Kasi dan seluruh pegawai di Kejati Sumut.

Di akhir kegiatan, Kajati Sumut Idianto berbaur dengan pegawai dan menyerukan yel-yel sebagai bentuk penyemangat mewujudkan zona integritas menuju WBK.

Teks foto, Pelepasan balon pertanda dimulainya program Zona Integritas menuju WBK/WBBM di Kejati Sumut.

Reporter : Toni Hutagalung