Aceh  

44 JCH Aceh Singkil Berangkat Melalui Aceh, 73 Orang Embarkasi Medan

Pj Bupati Azmi didampingi Sekda Ahmad Rivai, Kakan Kemenag Azhar melakukan tepung tawar kepada para jemaah calon haji asal Aceh Singkil di Masjid Agung Nurul Makmur Singkil, Senin (20/5/2024)

SINGKIL | Penjabat Bupati Aceh Singkil resmi melepas keberangkatan sebanyak 44 Jemaah Calon Haji (JCH) ke Tanah Suci Mekkah, melalui Embarkasi Banda Aceh (BTJ).

Sebelum diberangkatkan ke asrama haji Aceh, sebanyak 44 JCH ditambah 2 orang petugas haji itu, mengikuti serangkaian prosesi tepung tawar (peusejuk) di Masjid Agung Nurul Makmur Singkil, diikuti Pj Bupati Singkil, Ketua MPU, Sekda serta sejumlah pejabat dan tokoh agama lainnya, Senin (20/5/2024).

Panitia Pemberangkatan Haji Aceh Singkil Ustadz Mairedo Hafera dikonfirmasi Orbitdigital mengatakan, JCH Aceh Singkil seluruhnya berjumlah 117 orang.

Dirincikannya, sebanyak 73 orang telah berangkat sebelumnya melalui asrama haji embarkasi Medan Sumut.

Kemudian 44 orang berangkat melalui embarkasi Banda Aceh, serta ditambah 2 orang petugas haji, terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Aceh Singkil H Azhar SAg MA, serangkaian peusejuk dan melepas keberangkatan para JCH Aceh Singkil ini dalam sambutannya melaporkan, para jamaah calon haji telah mengikuti pembekalan atau manasik selama 2 hari.
Termasuk layanan umum, layanan kesehatan sudah berlangsung sempurna.

Para JCH ini akan diberangkatkan ke Asrama Haji Banda Aceh, pada 7 Juni 2024 usai ibadah Sholat Jumat.

Sampai di Banda Aceh akan menginap satu malam di Hotel dekat asrama haji. Kemudian Minggu pagi, jamaah diantar ke asrama haji dan menginap 1 malam.

Tepung Tawar

Sebelum masuk asrama haji JCH terlebih dahulu timbang barang bawaan, kemudian menuju ruang kesehatan. Yang dinyatakan lolos kesehatan langsung menerima paspor dan identitas jamaah haji lainnya.

Selama 24 jam jamaah haji tidak ada kegiatan selama masuk asrama, pada Minggu 9 Juni, setelah mengikuti serangkai pemeriksaan kesehatan.

Senin pagi, 10 Juni 2024 sekitar pukul.07:00 WIB rombongan diberangkatkan (take out) ke Tanah Suci dari Embarkasi Banda Aceh (BTJ), bersama rombongan Gelombang 2, Kelompok Terbang (Kloter) 12, bersama Kabupaten Abdya, Aceh Selatan, Subulusaalam, Simeulue dan Kota Banda Aceh.

“Via Banda Aceh terbang dari Bandara SIM menuju Jeddah, kemudian naik bus ke Mekkah, lanjut Arafah, Musdalifah dan kemudian naik bus lagi menuju Madinah. Dan akan kembali ke tanah air dari Madinah terbang ke Banda Aceh,” terang Azhar.

Semoga sebanyak 117 jamaah calon haji asal Aceh Singkil seluruhnya, ditambah 2 petugas haji, dapat menjaga kesehatan dan melaksanakan rukun haji dengan sempurna, ucap Azhar.

Penjabat Bupati Aceh Singkil Drs Azmi MAP serangkaian prosesi tepung tawar berpesan, agar para JCH asal Aceh Singkil harus lebih banyak bersabar di tanah suci.

Sebab disana akan berkumpul bersama umat Islam dari penjuru dunia, dengan berbagai perilaku dan karakter yang berbeda-beda.

Namun para jamaah semuanya harus siap. Dan tidak ada lagi yang harus dikhawatirkan yang akan ditinggalkan.

“Siap fisik, siap kesehatan dan tetap menjaga kesehatan selama keberangkatan hingga menjalankan ibadah, sampai dengan kembali ke tanah air,” pungkas Azmi.

Reporter : Helmi