Begini Cara Mudah Masyarakat Setorkan Pajak

oleh -141 views
Stiker pemberitahuan wajib pajak sesuai Qanun Kabupaten Aceh Singkil bagi rumah makan dan restoran

ACEH SINGKIL-Setoran pajak daerah tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Saat ini masyarakat juha bisa mudah untuk melakukan transaksi pembayaran wajib pajaknya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil Hendra Sunarno melalui Kabid Pendapatan, Iskandar ST kepada Orbitdigital di ruang kerjanya, Kamis (23/7/2020) menjelaskan, realisasi setoran pajak tahun 2019 mengalami peningkatan mencapai hingga Rp700 juta. Sementara tahun 2017 sebelumnya hanya terealiasi sekitar Rp261 juta.

Meningkatnya setoran tersebut kemungkinan karena faktor kemudahan pelayanan pembayaran pajak sekarang bisa dilakukan secara non tunai. Pembayaran pajak daerah, retribusi daerah serta pandapatan lain-lain yang sah bisa dilakukan secara non tunai. “Untuk mempermudah akses pembayaran BPKK bekerjasama dengan Briva BRI,” katanya

Semua pembayaran dilakukan melalui rekening penerima bidang pendapatan. Pembayaran tidak lagi melalui tunai. Hal ini dilakukan guna menghindari praktik-praktik pungutan liar yang sulit dikontrol dan bisa-bisa saja terjadi. “Kita sudah himbau kepada masyarakat wajib pajak agar melakukan transaksi secara non tunai,” ucap Iskandar.

Dengan pembayaran non tunai, selain sebagai pelayanan kepada maayarakat juga mempermudah masyarakat untuk membayar pajak dan tidak ada prasangka buruk terhadap petugas di loket.

Disamping itu, pihaknya juga telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada para wajib pajak maupun perusahaan agar mengirimkan pembayaran pajak nya melalui nomor rekening resmi bidang pendapatan serta dapat langsung diinformasikan dan mengirimkan slip pengiriman melalui nomor whatsAp resmi petugas.

Kendati, target pajak sebelum masa Pandemi COVID-19 mencapai Rp10 miliar, terpaksa turun menjadi sekitar Rp5 miliar. Sebab semua aktifitas tutup sehingga pembayaran pajak bumi dan bangunan juga tidak ada masuk setoran.

Bidang pendapatan saat ini berupaya untuk meningkatkan pendapatan melalui sektor pajak bumi dan bangunan yang selama ini masih terealisasi dibawah 50 persen. Hal ini disebabkan rendahnya kepatuhan para wajib pajak untuk menyetor.

Selain dengan cara kemudahan pembayaran dengan transaksi non tunai, untuk menggenjot pendapatan, pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui radio, spanduk, serta memberikan intensif bagi petugas pemungut pajak di desa-desa.

Himbauan juga dilakukan sesuai Qanun Kabupaten Aceh Singkil Nomor18 tahun 2010 tentang pajak restoran.

Setiap pribadi orang pribadi atau badan yg membeli makanan dan atau miuman dari restoran/rumah makan wajib membayar pajak sebesar 10 persen, bebernya.

Reporter : Saleh