Guna Meningkatkan Kunjungan Wisata Internasional Pemkab Karo Perlu Benahi Infrastruktur

oleh -137 views

TANAH KARO Guna meningkatkan arus kunjungan wisata Internasional ke Kabupaten Karo supaya daerah itu lebih dikenal dan semakin mendunia, Pemkab Karo diminta tingkatkan kebersihan, keamanan, kenyamanan, serta pembenahan infrastruktur yang lebih baik lagi.

Termasuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tanah Karo harus diselesaikan secepatnya, begitu juga Rencana Induk pengembangan Kepariwisataan Daerah (RIPPARDA) Kabupaten Karo segera diselesaikan agar pembangunan dan pengembangan pariwisata di daerah itu bisa berjalan dengan lancar.

Hal itu terungkap dalam diskusi meeting zoom yang bertajuk “Mampukah Pariwisata Karo Mendunia” yang digagas tokoh- masyarakat Karo di Jakarta Aries Eklesia Sebayang bersama Group Karo Bisa kita Ubah, Minggu (9/8/2020) Malam.

Menurut penggagas diskusi meeting zoom Aries, siaran meeting zoom diskusi “Mampukah Pariwisata Karo Mendunia” diikuti sebanyak 6000 viewer. Melihat tingginya antusia masyarakat yang mengikuti acara ini, menunjukan bahwa betapa tingginya perahatian masyarakat akan pariwisata Karo.

Untuk itu diminta kepada Pemkab Karo supaya meningkatkan pelayanan parawisatanya baik sara maupun prasaranya. Termasuk kebersihan, keamanan, kenyamanan, serta pembenahan infrastruktur yang lebih baik lagi.

Menyikapi diskusi itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan, Pemkab Karo akan berbenah dulu secara internal dalam regulasi yaitu menunggu RTRW yang saat ini sudah di godok diprovinsi Sumut sebagai syarat pengembangan daerah destinasi Parawisata.

” Selain itu, faktor pendukung kemajuan sektor wisata rohnya adalah RIPPARDA (Rencana Induk Pengembangan Parawisata Daerah), regulasi ini sudah tahap pengajuan ke Paripurna, tentu selesai ini, maka pengembangan titik-titik spot pariwisata sudah dapat ditata dan dikelola untuk daya tarik pikat wisata domestik da wisata manca negara,” ujar Terkelin.

Turut mendampingi Terkelin dalam diskusi itu, Kadis Parawisata Munarta Ginting, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi dan Kadis Kominfo Jhonson Tarigan.

Reporter : Daniel Manik.