Aceh  

Kegiatan Kick Off Meeting RPJMD Abdya Resmi Dibuka, Begini Penjelasan

Sekda Abdya, H Salman Alfarisi STmembuka Kegiatan Kick Off Meeting penyusunan rancangan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Abdya tahun 2025-2029 di Aula Bappeda, Rabu (26/6/2024)

ABDYA | Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Barat Daya (Abdya), H Salman Alfarisi ST membuka secara resmi kegiatan Kick Off Meeting penyusunan rancangan teknokratik rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Abdya tahun 2025-2029, Rabu (26/6/2024).

Sekda Abdya, H Salman Alfarisi dalam sambutannya membacakan teks Pidato arahan PJ Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H.Darmansah, S.Pd.,MM mengatakan, Kick Off Meeting ini merupakan momen yang sangat strategis untuk menjaring ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif dari berbagai stakeholder. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk menajamkan permasalahan, isu strategis, dan arah kebijakan dalam penyusunan rancangan teknokratik RPJMD, sesuai dengan prosedur penyusunan dokumen RPJMD yang diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Sebagaimana diketahui, daerah sudah harus menyiapkan rancangan teknokratik secara matang. Dokumen arah kebijakan dan sasaran pokok rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Abdya tahun 2025-2045 beserta dokumen rancangan teknokratik RPJMD Abdya tahun 2025-2029 yang saat ini sedang dalam proses penyusunan, akan disampaikan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya pada minggu pertama bulan Agustus tahun 2024.

Rancangan teknokratik RPJMD ini nantinya akan menjadi rujukan bagi para calon kepala daerah pada tahun 2024 dalam menyusun formulasi visi, misi, dan program prioritas. Ini merupakan implementasi dari RPJPD Abdya di periode pertama 2025-2029.

“Saya mengajak seluruh peserta forum ini untuk berperan aktif dalam memberikan masukan dan saran positif sebagai bahan penyusunan rancangan teknokratik RPJMD ini. Partisipasi aktif dari kita semua sangat penting untuk memperkuat proses perencanaan pembangunan Abdya yang lebih baik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Abdya, Rahmad Sumedi SE menyebutkan, RPJMD merupakan dokumen penting yang menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan daerah untuk lima tahun ke depan. Oleh karena itu, penyusunannya harus dilakukan dengan cermat dan berdasarkan analisis yang dalam terhadap berbagai isu strategis dan kebutuhan pembangunan di Abdya.

Rancangan teknokratik RPJMD ini harus selesai selambat-lambatnya pada bulan Agustus tahun 2024, sebelum pelaksanaan Pilkada 2024 sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 000.8.2.2/4075 bangda hal RPJMD Tahun 2025-2029. Hal ini penting agar hasil penyusunan rancangan teknokratik RPJMD ini dapat tersosialisasikan kepada calon kepala daerah yang akan maju dalam Pilkada, sehingga calon kepala daerah dapat menyerap gagasan dan visi untuk memajukan Abdya.

“Kami mengundang tim ahli dari Smart Id, Bapak Aditya Saputra, untuk mempresentasikan materi rancangan teknokratik RPJMD, gambaran metode analisis yang akan digunakan, serta segmentasi kebutuhan data. Diharapkan, materi ini dapat menambah wawasan kita semua dan membantu setiap OPD dalam menyiapkan data terkait isu dan permasalahan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Kami telah menyusun jadwal untuk desk perangkat daerah terkait penggalian isu strategis dan permasalahan. Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada seluruh OPD untuk berpartisipasi aktif dalam proses ini agar hasil yang kita capai dapat benar-benar bermanfaat bagi pembangunan Abdya yang berkelanjutan,” demikian harapnya.

Reporter : Nazli