Kompolnas Lakukan Pengawasan Pengaman Pemilu Serentak di Wilayah Polda Kalsel

BANJARMASIN| Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menerima kunjungan kerja dari Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dalam rangka membahas berbagai aspek krusial menyoroti beberapa aspek penting, termasuk data SDM, anggaran Sarpas, serta operasional Polri selama masa pesta demokrasi.
Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Adam Erwindi, S.I.K., M.H. mengatakan, dalam keteranganya Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H. menjelaskan tujuan kedatangan Kompolnas untuk melihat, memantau sekaligus menerima hasil analisis dan evaluasi (Anev) dari pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif yang sudah dilaksanakan Polda Kalsel selama tahun 2023-2024.


“Kami telah melaporkan apa saja yang menjadi kendala dan apa saja yang sudah dilakukan Polda Kalsel dalam mempersiapkan pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif, serta pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang akan berlangsung pada bulan November 2024 mendatang,” kata irwasda Polda Kalsel sembari berharap agar apa yang sudah disampaikan Polda Kalsel dalam pertemuan ini dapat dibawa Kompolnas ke tingkat lebih tinggi.


Beliau menuturkan bahwa Kompolnas adalah Lembaga Pengawas Eksternal untuk kegiatan operasional kepolisian.


Kedatangan rombongan Kompolnas ini diterima oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto, S.H., M.H., dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H. di ruang kerja Kapolda Kalsel.


Kemudian Kompolnas melakukan pertemuan dengan pejabat terkait yang dipimpin Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar, S.H., S.I.K., M.H., bertempat di Rupatama Polda Kalsel, Banjarmasin, Rabu (20/3/2024).


Sementara itu Ketua tim Kompolnas H Mohammad Dawam SH.MH mengatakan kehadirannya di Polda Kalsel dalam rangka pengawasan Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 terkait pelaksanaan kesiapan pengamanan Pemilu serentak beberapa waktu lalu.
Selain itu juga, terkait penegakan hukum yang dilakukan Direktorat Reskrimum dan Direktorat Reskrimsus Polda Kalsel guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam perhelatan Pemilu serentak tahun 2024 tingkat Kabupaten, Kota dan Provinsi agar situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif.


Kerjasama yang erat antara Polda Kalsel dan Kompolnas diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah strategis yang efektif sehingga memberikan arah yang jelas bagi pelaksanaan tugas kepolisian dalam menjaga keamanan selama periode-periode penting.


Kegiatan tersebut dihadiri Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolres/Ta Jajaran Polda Kalsel, Mohammad Dawam, S.H., M.H., (Anggota Kompolnas), Kombes Pol Joko Purwanto, S.I.K., S.H., (Kabag Hukum, Informasi dan Komunikasi Sekretariat Kompolnas) dan Yosef Gaspar Matheus Da Costa, S.H. (Staf Sekretariat Kompolnas).rel