Aceh  

Komunitas Wisata Tuantapa Bersama Awak Media Jelajahi Aceh Selatan – Singkil

Komunitas Wisata Tuantapa menjelajah

ACEH SELATAN | Komunitas Wisata Tuantapa bersama awak media, Sabtu (9/9/2023) menjajaki Jalan Lintas Pesisir Pantai Aceh Selatan dan lintasan Raket Kuala Baroe Aceh Singkil.

Demikian ungkap Ketua Komunitas Wisata Tuan Tapa Muchsin kepada Orbitdigitaldaily.com Selasa (11/9/2023).

Jalan Lintas Propinsi yang menghubungkan Kabupaten Aceh Selatan dan Kabupaten Aceh Singkil lewat jalur pesisir hampir tuntas setelah dibangunya Jembatan Kilangan yang merupakan jembatan dengan lintasan terpanjang di Aceh.

Jarak tempuh antar dua kabupaten di pesisir Selatan Aceh ini semakin dekat. Kalau lewat jalur lintas jalan Nasional Aceh Selatan – Subulusalam dan Aceh Singkil membutuhlan waktu tempuh 4 sd 5 jam perjalanan. bebernya.

Setelah selesainya pembangunan ruas jalan lintas pesisir ini jarak tempuh Kota Tapaktuan dan Kota Singkil dapat dicapai dengan waktu 2.5 jam kalau jalannya santai bisa memakan waktu 3 Jam perjalanan dengan menikmati bentangan pemandangan pesisir pantai yang indah sepanjang jalan, kata Muksin.

Setelah selesainya pembangunan Jembatan Kilangan sekarang hanya tinggal 1 Rakit lagi di muara sungai Kuala Baru yang hanya butuh waktu 5 menit penyebrangan kita sudah sampai ke Kota Singkil.

Pemandangan jalur pesisir pantai yang indah dan rawa rawa yang begitu menakjubkan akan jadi view pemandangan sepanjang jalan mulai dari pesisir pantai Bulohseuma Trumon Aceh Selatan sampai ke Jembatan Kilangan Aceh Singkil.

“Kita akan dapat melihat muara sungai hitam yang menyerupai danau kecil di wilayah Trumon ada pantai pelabuhan pendaratan ikan tradisional di Teupin Tinggi,” paparnya.

Sampai di Buloh Seuma kita akan disuguhi Madu Lebah Murni yang sampai sekarang produksi dari alam terus berjalan.

Pantai Mempesona

Masih di wilayah Kemukiman Buloh Seuma kita dapat berwisata sejarah disana ada Mesjid Tuanya dan Makam para Ulama terdahulu dan suguhan pantainya yang cukup mempesona.

Setelah melewati perbatasan Buloh Seuma kita akan memasuki wilayah Kecamatan Kuala Baru Aceh Singkil.

Di sana kita akan dapat menikmati suguhan Kerajinan Tradisional berupa Hiasan Manik Manik Kasab yang sering digunakan pada Pelaminan adat disana.

Sepanjang Kecamatan Kuala Baru sampai Jembatan Kilangan kita dapat menikmati bentangan pantai yang indah dan kita menikmati perjalan via rakit seakan kita mengenang disaat pasca tsunami dirute jalan Banda Aceh – Meulaboh.

Sekitar 15 Menit dari Muara Kuala Baru kita akan sampai di Jembatan Kilangan dan tentu kita sudah memasuki wilayah kota Singkil.

Kita akan disambut oleh pesona wisata religi, Makam ulama terkenal di Aceh yaitu Makam Syeh Abdulrrauf yang tepat berada di ujung jembatan kilangan.

Kedepan harapan Muchsin jalur lintasan baru ini akan menjadi penghubung antara Pesona Wisata yang ada di Aceh Singkil dan Aceh Selatan semakin dekat dan dapat dijadikan satu paket wisata di Barat Selatan Aceh harap Muchsin ST.

Repporter : YUNARDI. M. IS