Lantaran Riol Dangkal 2X Setahun 14 Rumah di Gampong Lawe Buloh Didi Terendam Banjir

oleh -101 views
Camat Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan, Muriadi. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi M.IS)

ACEHSELATAN – Dua kali dalam setahun belasan rumah warga di Gampong Lawe Buloh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan jadi langganan banjir.

Kabar teranyar ini datang dari Camat Kluet Timur, Muriadi. Ia mengatakan, setidaknya ada 14 rumah warga yang selalu terendam banjir.

“Seperti diketahui Gampong Lawe Buloh Didi beberapa hari lalu dilanda banjir. Di Gampong ini dihuni 87 KK dengan jumlah laki laki 158 jiwa, sedangkan perempuan 135 jiwa dengan jumlah penduduk seluruhnya 293 jiwa. Dari jumlah tersebut 14 rumah warga dua kali tiap tahunnya menjadi sasaran  banjir,” ungkap Muriadi kepada orbitdigitaldaily.com, Kamis (9/7/2020).

Sehingga Gampong Lawe Buloh Didi Kecamatan Kluet Timur riol seluas sepuluh meter dan panjang sekitar 1 kilometer (Km) ini sangat membutuhkan renovasi kembali.

Ia menerangkan, gampong yang ia pimpin itu memiliki luas lahan pertanian sekira 8 hekta. “Dua hektar diantaranya , merupakan lahan pertanian. Ini yang selalu hancur ketika terjadi banjir,” terangnya.

Selain dua hektar lahan pertanian lahan perkebunan di perbukitan juga menjadi sasaran banjir. “Hal ini akibat dari pengikisan sehingga terjadi erosi di kebun masyarakat tersebut,” ungkap Muriadi.

Terakhir Muriadi mengucapkan terimakasih kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma.

“Hari ini semua data sudah kita terima dari keuchik (kepala desa) dan laporan tersebut juga akan kita   usulkan kepada pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, dalam hal ini Dinas Sosial dan BPBD Aceh Selatan,” ujar Cut.

Reporter: Yunardi.M.IS