Delia Pratiwi: Masyarakat Harus Jadi Inisiator Pencegahan Stunting

Anggota DPR RI Komisi IX, Delia Pratiwi Sitepu, SH dan Sekretaris Perwakilan BKKBN Prov. Sumut Yusrizal Batubara foto bersama dengan warga. (Foto/Ist)

LANGKAT | Bila kita semua masyarakat peduli, menjadi inisiator penggerak pencegahan stunting, saya yakin dan percaya tidak akan ada lagi anak yang terkena stunting. Dari data yang saya peroleh hampir disemua desa di Kecamatan selesai ini masih ada anak stunting, mulai sekarang ayo semua kita bergerak mengajak seluruh keluarga, saudara, tetangga dan siapa saja untuk peduli memenuhi kecukupan gizi anak.

Hal itu diungkapkan Anggota DPR RI Komisi IX, Delia Pratiwi Sitepu, SH saat melakukan kegiatan Promosi dan KIE Program Percepatan Stunting di Desa Perhiasan Kecamatan Selesai Kab.Langkat, Selasa (12/9).

Menurutnya salah satu pencegah penurunan stunting yang efektif adalah melalui pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama 6 bulan.

“Semua anaknya saya alhamdulillah saya berikan ASI eksklusif, dan alhamdulillah lancar dan saya yakin ibu ibu semua disini pasti bisa,” ujar Delua lebih lanjut.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Perwakilan BKKBN Prov Sumut, Yusrizal Batubara mengatakan bahwa stunting dapat dicegah melalui Program 1000 Hari Pertama Kehidupan, dimulai saat janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun harus terpenuhi gizinya.

“Mari ibu-ibu yang hadir yang memiliki anak balita, ayo aktif ke posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB) untuk menimbang dan memeriksa tumbuh kembang anaknya secara rutin. Dengan mengikuti BKB, ibu akan diberikan pemahaman bagaimana memberikan pola asuh bagi anak, pemenuhan asupan gizi anak agar terhindar dari bahaya stunting, “ungkap yusrizal.

Sementara itu Camat Selesai, Yanes Pramanta Sitepu, SSTP mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan kepedulian yang diberikan Delia Pratiwi Sitepu dan BKKBN Sumatera Utara.

Acara dilanjutkan dengan pembagian lucky draw dengan hadiah utama 2 unit sepeda yang diberikan kepada peserta yang beruntung.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Desa Perhiasan, Perwakilan DPRD Kabupaten Langkat, Perwakilan Polsek Selesai, Koramil, unsur pemerintahan desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan serta 350 orang masyarakat Desa Perhiasan. (Red)