Pemko Tebingtinggi Refocusing Anggaran Covid-19 Tebingtinggi Rp92,03 M

oleh -106 views

TEBING TINGGI – Korona di Indonesia terus mewabah. Pemerintahpun terus melakukan langkah percepatan penangan, agar penyebaran wabah itu dapat ditekan. Ditengah wabah, sebuah regulasi dikemas lewat Instruksi Presiden ( Inpres ) No 21 Tahun 2020, tentang recofusing anggaran Covid-19.

Selanjutnya, Pemerintah disetiap Kabupaten/Kota di Indonesia pun diminta untuk menindaklanjuti produk tentang besaran anggaran soal refocussing kegiatan, relokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa itu.Besaran anggaran recofusing itu lantas dirilis Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM saat menyampaikan Nota Pengantar PAPBD TA 2020 di Ruang Utama DPRD Selasa (8/9/2020).

” Kita telah menindak lanjuti Inpres dan melaksanakan recofusing 92,03 M,” ucapnya.

Tidak hanya itu, beberapa Peraturan Walikota yang mendahului P- APBD turut dijelaskan Umar, meliputi alokasi anggaran prioritas para OPD.Diantaranya, penyediaan dana hibah dari Pemprovsu untuk pelaksanaan MTQ XXXVII Provsu Tebingtinggi dan dana seleksi CPNS .

Termasuk pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dan refocussing kegiatan anggaran percepatan penanganan covid-19.Penambahan pendapatan mencapai Rp 85,9 miliyar dari APBD induk sebesar Rp 600,9 miliyar menjadi Rp 686,8 miliyar terealisasi.Penambahan pendapatan itu diperoleh dari PAD, Dana Pertimbangan dan Pendapatan Daerah Yang Sah diluar PAD.

Bertambah

Begitu juga dengan Belanja Daerah yang semula berkisar Rp 638,7 miliyar menjadi Rp 741,3 miliyar bertambah sebesar 102,5.Penambahan itu bersumber dari belanja tidak langsung, belanja pegawai, belanja hibah, bantuan sosial, dan belanja tidak terduga.

Petang itu, Ketua DPRD Tebingtinggi Basyaruddin Nasution SH terlihat hadir memimpin jalannya sidang Paripurna didampingi Wakil I, Muhammad Azwar SS MM, Wakil II DPRD Irdian Saragih dan 22 anggota DPRD lainnya.

Reporter : Rahmad