Penderita Kanker Asal Malintang Dirujuk ke RS Adam Malik Medan

Pemberangkatan Hurmaini penderita kanker menuju RS Adam Malik (Sulaiman Nasution)

MADINA l Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia melalui sentra insyaf Medan merespon kasus seorang ibu pengidap kanker payudara asal Desa Malintang, Kecamatan Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dirujuk ke Kota Medan.

Harmaini Matondang (39) ibu beranak tiga pengidap kanker payudara tersebut dirujuk berobat ke Rumah Sakit Adam Malik Medan, Kamis (6/07/2023).

Maradotang Pulungan anggota pelopor perdamaian perpanjangan tangan Kemensos RI menuturkan, awalnya sentra insyaf Medan mendapat informasi lewat media sosial bahwa seorang ibu beranak tiga penderita kanker payudara warga Malintang butuh bantuan berobat.

“Respon kemensos RI melalui sentra insyaf Medan diteruskan ke pelopor perdamaian Madina dengan perintah untuk segera dipersiapkan segala administrasi si pasien dan segera dirujuk ke RS Adam Malik Medan,” jelas Maradotang.

Dijelaskan Maradotang, sebelumnya kita mendapat informasi bahwa ibu pengidap kanker payudara tersebut sudah menolak untuk tidak perlu berobat lagi, namun pelopor perdamaian Madina tidak patah semangat untuk terus membujuk pasien agar mau di rujuk berobat.

“Tadi pagi keluarga dari ibu Harmaini mengabari kita lewat telepon seluler bahwa ibu pengidap kanker ini mau dibawa berobat ke Medan, Alhamdulillah, seterusnya kita menjalin koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Madina melalui dinas Sosial Madina untuk penanganan pemberangkatan pasien.”ujarnya.

Lanjut Maradotang, Respon Pemerintah kabupaten Madina melalui Dinas Sosial Madina cukup memuaskan, sebab, kadis Sosial Madina langsung menyiapkan fasilitas untuk pemberangkatan pasien.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Madina atas kepedulian dan respon cepat Kadis Sosial sehingga ibu Harmaini dapat diberangkatkan berobat hari ke kota Medan,” tutup Maradotang.

Dalam kesempatan pemberangkatan ibu pengidap kanker payudara itu ke Rumah Sakit Adam Malik Medan, Kadis Sosial Madina memberikan tali asih berupa uang tunai kepada keluarga pasien.

“Pemerintah daerah senantiasa selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, dan kami berharap keluarga tetap tabah dan sabar, semoga pengobatan nantinya di kota Medan dapat berjalan lancar.”ujar Riswan Harahap sembari memberikan tali asih kepada keluarga.

Turut hadir dalam pemberangkatan, Kabid Resos Madina Mhd Ali Lubis, Camat Malintang Roihan Matondang, Kapus Malintang Ilham Andika, Kades Malintang Amin Hamdi S.Sos, dan sejumlah kerabat dan tetangga pasien.

Reporter : Sulaiman Nasution