Aceh  

Pertumbuhan Ekonomi Aceh Selatan 2023 Mencapai 4,20%

ACEH SELATAN | Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan pada 2023, meningkat mencapai 4,20%. Bila dibandingkan tahun 2022 yakni sebesar 3,11%.

Demikian papar Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma dalam acara pembukaan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Selatan yang bertempat di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Senin (1/4/2024).

Musrembang kabupaten ini, selain dihadir Pj. Bupati, unsur Forkopimda, pejabat fungsional perencana ahli madya Bapeda Aceh Dr. Sufirmansyah SE, Msi, para Asinsten Sekdakab Aceh Selatan, para Kepala Dinas, Camat, Tokoh Masyarakat, juga menghadirkan Kadis DPMG Aceh Dr. Ir, Zulkifli Msi dan Sekretaris Distanbun Aceh Azannudin Kurnia SP MP sebagai pemateri.

Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma di kesempatan tersebut menyampaikan, pelaksanaan kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan atau biasa kita sebut dengan Musrenbang, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025, merupakan salah satu tahap akhir dari proses perencanaan pembangunan Kabupaten Aceh Selatan.

Penanganan Prioritas Tahun 2025 merupakan tahun kedua dari dokumen rencana pembangunan daerah atau “RPD” tahun 2024–2026, sebagaimana instruksi menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan dan pembangunan daerah, bagi daerah yang masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 serta daerah otonom baru.

Melalui musyawarah tersebut, pemerintah akan menetapkan kegiatan prioritas, tentunya disesuaikan dengan pendanaan program dan kegiatan, berdasarkan pagu indikatif masing – masing OPD.

Cut Syazalisma juga memaparkan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2023, meningkat mencapai empat koma dua puluh persen (4,20%), dibandingkan tahun 2022, yakni sebesar tiga koma sebelas persen (3,11%).

Diharapkan angka ini dapat terus melaju hingga empat koma tiga puluh dua persen (4,32%) pada tahun 2025 yang akan datang, paparnya.

Sebelumnya Kepala Bappeda Aceh Selatan Masrizal SE menyampaikan yang bahwa pelaksanaan musrembang adalah merupakan rangkaian dari penyusunan rencana kerja Kabupaten yang dimulai sejak Januari yang dimulai dari musrembang desa, musrembang kecamatan dan serta forum. Lintas opd dan desk perencanaan kerja tahun 2025.

Maksud dari pelaksanaan Musrebang Penyusunan RPJPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025-2045 ini adalah untuk menyusun rencana pembangunan jangka panjang yang akan menjadi pedoman bagi pembangunan di Kabupaten Aceh Selatan pada kurun waktu 20 tahun ke depan.

Sedangkan Musrenbang) Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 ini adalah untuk untuk menyusun rencana pembangunan jangka pendek yaitu dalam kurun waktu 1 tahun tepatnya tahun 2025.

Tujuan dari kedua agenda diatas sambungnya, adalah untuk mendapatkan kesepakatan dari berbagai pemangku kepentingan (dari berbagai unsur/kalangan) guna mendapatkan saran dan pendapat dari berbagai isu strategis terhadap program serta sasaran yang bisa kita gunakan penyusunan perencanaan pembangunan dalam jangka waktu 20 tahun kedepan yang dapat membantu tim penyusun dalam menyempurnakan kedua dokumen tersebut.

Dan khusus penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 semoga kita mendapatkan masukan dan saran yang lebih terarah dan focus pada program dan kegiatan terhadap arah dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sesuai dengan tema pembanguna tahun 2025 kita adalah,memantapkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur, SDM yang Berkualitas, Komoditi Unggulan Daerah yang Inovatif dan Ekonomi Kreatif”, “
Pungkasnya.

YUNARDI.M.IS