Aceh  

Pj Bupati Aceh Selatan Hadiri Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Asel 2024

ACEH SELATAN | Penjabat Bupati (PJ) Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP menghadiri kegiatan rembuk stunting tingkat Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024, bertempat di Aula Bappeda Lantai III, Gedung Serbaguna, Kamis (28/3/2024).

Kegiatan rembuk stunting ini juga turut dihadiri oleh Pj TP PKK Kabupaten Aceh Selatan Bd. Yuliani Irvana R.STr.Keb, Forkopimda, Asisten, Kepala SKPK, Camat, Ketua PKK Kecamatan, Kepala Pukesmas, Technical Assistant Stunting Aceh Selatan dan tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP dalam sambutannya, percepatan penurunan angka stunting merupakan program prioritas nasional, yang dipertugas melalui Perpres Nomor 72 Tahun 2021 Tentang percepatan penurunan stunting.

Dalam penanganannya, stunting memerlukan dukungan dari seluruh pihak secara berkelanjutan, percepatan penurunan stunting perlu dilakukan dengan intervensi spesifik dan terpadu dari semua stakeholder yang ada.

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu upaya nyata kita bersama dalam penurunan angka stunting telah mulai terlihat”, ujarnya.

Berdasarkan rilis hasil Survey Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023, angka stunting untuk tingkat Provinsi masih sebesar 29,4%, hanya turun sekitar 1,8% dari tahun sebelumnya sebesar 31,2%, sedangkan target kita di Kabupaten Aceh Selatan adalah sebesar 20%, sebuah angka capaian yang cukup besar, namun sangat realitis jika dikerjakan dengan kerjasama, paparnya.

Lanjutnya, diwaktu yang singkat ini, kami berharap penurunan angka stunting di Kabupaten Aceh Selatan dapat berjalan optimal dan semua lini bergerak cepat, terkhusus untuk Gampong dan Kecamatan yang menjadi locus penanganan penurunan srunting kita ditahun 2024 ini.

Diakhir sambutan, Pj Bupati juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras dan sinergitas sehingga Aceh Selatan masuk 5 besar penurunan angka Stunting Aceh.

Ia juga menghimbau, berdasarkan data yang didapatkan mendekati data sesuai BPS, maka diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk melakukan pendekatan dari segala sektor, mulai dari infrastrukur bangunan dan air bersih serta upaya dalam hal makanan dan gizi masyarakat

Dan ia berharap bagaimana ukuran dan data progres untuk kegiatan penurunan angka Stunting ke depannya, karena untuk intervensi sensitif selama ini telah dilaksanakan oleh tim-tim sektor kesehatan.

“Mari kita tingkatkan rasa kepedulian kita bersama mulai dari desa, Kecamatan dan SKPK juga seluruh stakeholder”, harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sahar Musnan, SKM mengatakan, adapun tujuan dan rembuk stunting dan rapat koodinasi adalah semua lintas sektor terkait.

Peserta kegiatan berjumlah 80 orang yang terdiri dari Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan, Ketua DPRK, Ketua MPU, Asisten I, Pj TP PKK Kecamatan Kabupaten Aceh Selatan, para Kepala Pukesmas, Ketua IPC Kabupaten Aceh Selatan.

Reporter : Yunardi