Aceh  

Pj Bupati Tinjau Rumah tak Layak Huni di Sejumlah Gampong Abdya

(Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah meninjau kondisi rumah masyarakat miskin dan dhuafa yang tak layak huni di sejumlah gampong

ABDYA | Pejabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah meninjau kondisi rumah masyarakat miskin dan dhuafa yang tak layak huni di sejumlah gampong dalam kabupaten setempat, Selasa (5/9/2023).

Pantauan awak media, dalam kunjungan tersebut, Pj Bupati H.Darmansah SPd MM, didampingi Ketua Baitul Mal Zulbaili bersama anggota Salman Syarif dan Tgk Hirman serta Kepala Sekretariat Baitu Mal Iin Supardi. Selain itu, turut hadir Kadis PU Alfian Liswandar ST dan Kabag Humas Setdakab Indra Darmawan serta lainnya.

Pada kesempatan itu, Darmansah juga mengecek langsung lokasi rencana pembangunan rumah layak huni di komplek perumahan Lhok Raja, Gampong Babah Lhung.

Hasil peninjauan Pj Bupati menyebutkan bahwa masih terdapat tanah kosong yang dapat dipergunakan untuk membangun rumah warga miskin dan dhuafa di lokasi tersebut.

Dalam hal itu, Darmansah meminta segera dikoordinasikan dengan Dinas Pertahanan untuk mengkavling dengan jelas tanah-tanah kosong di lokasi itu guna memastikan jumlah unit bantuan rumah yang akan dibangun oleh Pemkab Abdya melalui Baitul Mal.

Percepat Proses

Seterusnya, Darmansah dan rombongan bertolak ke Kecamatan Manggeng. Di sana dia berkunjung ke rumah yang ditinggali Eka Suprawati (40), janda tiga anak yang disebut menghuni sebuah gubuk bekas kandang ayam KUB di Gampong Lhung Baroe, Manggeng.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Pj Bupati disambut Camat Manggeng Hamdani, SE. Di lokasi, Darmansah sangat prihatin dengan kondisi rumah tak layak huni yang ditinggali Eka bersama tiga anaknya.

Saat itu juga, Darmansah mengintruksikan Camat Manggeng untuk membantu mempercepat proses surat menyurat terhadap tanah tersebut untuk pembangunan rumah layak huni untuk Eka Suprawati.

“Pak Camat segera bantu selesaikan surat tanah (Sertifikat), besok harus selesai,” tegas Darmansah.

Setelah itu, Darmansah juga menyempatkan waktu meninjau langsung kondisi rumah tak layak huni di Gampong Tengah, dan Tokoh I, Kecamatan Manggeng.

Arbulan (55) warga Gampong Tengah, Manggeng merupakan mualaf yang hidup di sebuah gubuk reot di pinggir jalan gampong tersebut. Arbulan yang berprofesi sebagai buruh serabutan ini juga menampung satu keluarga mualaf miskin di rumahnya.

Didampingi Keuchik Gampong Tengah, Haffat, Pj Bupati juga meninjau langsung lokasi rencana pembangunan rumah layak huni untuk keluarga Arbulan yang tak jauh dari rumah berkonstruksi papan kayu lapuk yang ia tempati saat ini.

Sementara di Gampong Tokoh I, Pj Bupati melihat langsung kondisi rumah milik Masriwan (48). Yang tinggal bersama istri dan tiga anaknya di rumah berkonstruksi kayu. Bangunan rumahnya juga telah tampak miring sebelah lantaran fondasi yang tidak kokoh lagi menahan bangunan tua yang telah mulai melapuk.

Darmansah sangat prihatin dengan kondisi kehidupan ekonomi Masriwan. Pria yang sehari-hari berkerja sebagai tukang perabot ini sudah lama tak berkerja lagi lantaran penyakit saraf terjepit yang dideritanya.

Dari sejumlah rumah tak layak huni yang telah dikunjungi ini, Pj Bupati berencana akan membantu bangunan rumah layak huni kepada keluarga miskin bersangkutan. Bantuan bersumber dari anggaran Zakat dan Infak Baitul Mal Abdya.

Reporter ; Nazli