Karo  

Program TMMD 107 Selesai Dikerjakan, Terkelin dan Dandim 0205/TK Tinjau Jembatan Merah Putih

TANAH KARO -Pastikan jembatan Merah Putih Desa Kacaribu selesai dikerjakan 100 persen, dan dapat dilintasi kenderaan umum sebagai jalan penghubung jalur alternatif, sekaligus berfungsi sebagai pengurai kemacetan arus lalulintas dari dan ke Kota Kabanjahe, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara tinjau jembatan yang dikerjakan melalui Program TMMD ke 107 itu, Kamis (11/6/2020).

Menurut Bupati Karo Terkelin Brahmana, Jalur alternatif jalan lingkar Kacaribu-Kabanjahe itu sangat penting untuk antisipasi kemacetan lalulintas jika ada hari pekan setiap hari Senin di Pajak Singa. “Jalur ini sangat efektif untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi, khususnya hari pekan,” kata Terkelin.

“Dengan selesainya jembatan Merah Putih dibangun melalui program TMMD ke 10, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian dan menambah semangat para petani memasarkan hasil pertaniannya,” kata Terkelin.

Dikesempatan itu, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal, mengatakan akses jalan ini terputus selama dua tahun tidak dapat dilalui, sehingga dengan selesainya jembatan ini, merupakan sebuah momentum yang sangat penting bagi masyarakat desa untuk membawa hasil buminya ke pasar.

“Dan untuk pengerjaannya kemarin sudah selesai tepat waktu, dan sudah dapat digunakan masyarakat, untuk dilalui kendaraan umum, dengan daya tahan kekuatan jembatan ini, diperkirakan mampu menahan beban sekitar 20 ton,” terang Dandim.

“Perlu diketahui, peninjauan ini turut di pantau utusan Kodam I/BB, Letkol Inf Bayu Wahyu. Program TMMD ke 107 yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Karo tahun anggaran 2019 meliputi pembuatan jembatan komposit 18 m x 6 m, pembuatan bronjong 30 meter dan pembuatan parit 200 meter, sudah selesai dikerjakan 100 % dan sudah dapat difungsikan oleh masyarakat umum,” terang Taufik.

Semetara utusan Kodam I/BB Letkol Inf Bayu Wahyu mengatakan, Jembatan Merah Putih yang telah selesai dibangun dalam program TMMD Ke 107, sudah memenuhi standar pekerjaan di TNI.

“Namun demikian, untuk lebih efektifnya daya tahan bangunan jembatan dikemudian hari, disarankan disisi jembatan perlu penambahan batu bronjong guna memperkuat ketahanan jembatan yang baru selesai dikerjakan itu,” ujarnnya.
Turut hadir dalam peninjauan jembatan itu, Kadis Perkim Paksa Tarigan ST, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga dan Kades Kacaribu Suhardi Tarigan.

Reporter : Daniel Manik.