PT Sucofindo Laksanakan Audit SMK3 PT TPL Tbk

PORSEA- Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 40 tahun 2005 tentang pelaksanaan Audit terkait Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) bagi perusahaan dilaksanakan sekali dalam 3 tahun.

Karenanya, PT. Sucofindo, yang dipercaya Pemerintah sebagai Pelaksana audit sesuai PP 40 itu, pada Kamis (17/10/2019) tampak mendatangi dan melakukan audit SMK3 ke PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di Desa Sosor ladang, Parmaksian, Toba Samosir. 

Sesuai informasi dan data yang berhasil dihimpun, hasil audit SMK3 oleh PT. Sucofindo sebelumnya bahwa TPL meraih penghargaan bendera emas di tahun 2007, 2010, 2013 dan 2016 atas hasil auditnya yang memuaskan, 4 kali berturut turut.

Di lokasi, Irvan Santosa, Auditor Leader dari PT. Sucofindo menerangkan ada 166 kriteria yang wajib dipenuhi perusahaan yang ditentukan oleh peraturan dalam audit SMK3 tersebut.

“Hari ini, PT. Toba Pulp Lestari,Tbk (TPL) kembali berhasil meraih nilai memuaskan dalam hal Audit Sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dimana audit yang dilaksanakan, TPL berhasil memenuhi 93,36% dari 166 kriteria yang diwajibkan,” sebutnya.

Irvan mengatakan bahwa tujuan Audit SMK3 adalah untuk memastikan organisasi / perusahaan telah melaksanakan implementasi dan memelihara sistem manajemen K3 yang dicanangkan oleh Kementerian Tenaga Kerja melalui Peraturan Pemerintah No. 50 tahun 2015.

Lebih detil dijelaskannya bahwa penerapan SMK3 yang baik dan berkualitas dan menjadikan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Sementara Ronald Hot Marnaek Panjaitan Asisten Health Safety dan EMS menjelaskan bahwa perusahaan memiliki komitmen yang tinggi dalam penerapan K3 ini terbukti dengan raihan bendera emas SMK3 4 kali secara berturut semenjak tahun 2007 dan  sertifikat OHSAS tahun 2010 (ISO 18001).

Ronald mengatakan bahwa dengan penerapan SMK3 yang baik, maka kinerja dari para karyawan perusahaan menjadi lebih produktif. Ronald juga mengatakan bahwa perusahaan secara rutin membenahi semua sisi diperusahaan agar dapat selaras dengan PP 50 tahun 2015.

“Hasil Audit yang terus meningkat dari TPL ini akan dilaporkan ke kementerian Tenaga Kerja RI dan mendapat rekomendasi untuk kembali meraih bendera emas SMK3,” pungkasnya mengakhiri.

Reporter : Bernard Tampubolon