Sat Reskrim Polres Tanah Karo Tembak DPO Perampokan di Tahura

oleh -507 views

TANAH KARO – Tim gabungan Opsnal Sat Reskrim beserta Opsnal Sat Narkoba Polres Tanah Karo menangkap satu orang buronan yang selama ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Kasat Reskrim Polres Tanah Karo AKP Sastrawan Tarigan mengatakan, buronan yang mereka ringkus yakni Pandus Tarigan, pria berusia 43 tahun, warga Desa Kubu Simbelang, Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo.

Satrawan menjelaskan, Pandus merupakan DPO kasus pencurian dengan kekerasan yang terjadi pada Kamis, 30 April 2020 lalu, di jalan Jamin Ginting tepatnya di depan Puskesmas Dolat Rakyat atau sekitar Taman Hutan Raya (Tahura), Desa Dolatrakyat Kecamatan Dolatrakyat, Kabupaten Karo.

“Pelaku kita tangkap dari perladangan Desa Manukmulia, Kecamatan Tigapanah, pada hari Kamis, 6 Agustus 2020, sekira pukul 16.00 WIB,” kata Kasat kepada orbitdigitaldaily.com, Jumat (7/8/2020) di Kabanjahe.

Namun katanya, saat timnya melakukan pengembangan dan pencarian barang bukti lainnya, tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur untuk melumpuhkan.

Selanjutnya, tersangka dibawa ke RSU Kabanjahe untuk mendapat perawatan dari tim medis akibat luka tembak di kakinya. Kemudian tersangka diboyong ke Mako Polres Tanah Karo.

Sastrawan menceritakan, kronologis kejadian berawal pada Kamis, 30 April 2020, sekira pukul 04.00 WIB pagi. Amirudin Lubis (Korban) bersama Dicky Pranata Lubis (Kenek) mengendarai mobil L300 BK 8449 SH menuju Tanjung Morawa, Deliserdang.

Sesampai melintas di TKP di depan Puskesmas Desa Dolat Rakyat, mobil korban dipepet oleh mobil Avanza warna putih BK 1853 seri tdk diketahui korban.

Kemudian datang dua orang yang tidak dikenal mendatangi mobil korban dan salah satu pelaku mematikan mesin dan mengambil kunci kontak mobilnya.

Selanjutnya pelaku mengancam korban dengan menggunakan senjata tajam, dan pelaku mengambil uang tunai sebanyak Rp 45 juta rupiah yang berada di dalam tas, dan mengambil dua buah HP merk Samsung dan Nokia.

Selanjutnya pelaku melarikan diri ke arah Kabanjahe. Atas kejadian tersebut korban melaporkan kejadian tersebut ke pihak Kepolisian Tanah Karo. Hal ini sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/331/IV/2020/SU/RES T.KARO tanggal 30 April 2020, atas nama pelapor Amirudin Lubis

Reporter : David Kaka