Sekda Madina Pimpin Upacara Hardiknas

Sekda Madina Alamulhaq Daulay, saat membacakan amanat Kemendikbud ristek Nadiem Makarim, (Sulaiman Nasution)

MADINA l Sekretaris Daerah (Sekda) Mandailing Natal (Madina) Alamulhaq Daulay memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur, Panyabungan, Kamis (2/05/2024).

Dalam amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim yang dibacakan Alamulhaq menyampaikan, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar.

“Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran,” kata Alamulhaq.

Pada awal perjalanan membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Kemudian, ketika langkah kita mulai serempak, kata Alamulhaq, dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi. Dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis.

Pada saat yang sama, lanjut Alamulhaq, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan. Dengan bergotong royong dan berjuang bersama untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

“Kini, kita sudah mulai merasakan perubahan terjadi di sekitar kita, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” kata Alamulhaq.

Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” katanya.

Reporter : Sulaiman Nasution