Sering Gangguan Jaringan, Pengalihan Rekening BRI Syariah di Singkil Terkendala

oleh -111 views
Petugas BRI Unit Singkil saat proses penggantian buku rekening BRI ke BRI Syariah

ACEH SINGKIL- Pemerintah Aceh menghimbau masyarakat untuk mengalihkan rekeningnya dari BRI ke BRI Syariah. Himbauan ini berdasarkan Qanun Aceh, Nomor.11 tahun 2008 tentang Lembaga Keuangan Syariah.

Berdasarkan Qanun ini dihimbau orang Aceh yang tinggal di Aceh untuk mengalihkan buku tabungannya dari Bank Konvensional ke BRI Syariah, kata PJ Kepala BRI Mulia Akmal, kepada Wartawan, di Kantor BRI Unit Singkil Desa Pulo Sarok, Senin (27/7/2020

Dijelaskannya, sudah ribuan orang atau mencapai 80 persen nasabah BRI di wilayah Unit BRI Singkil di 5 kecamatan sudah beralih menjadi nasabah BRI Syariah. Meliputi Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Kuala Baru, Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat (PBB).

Kendati diakuinya, pengalihan nasabah tersebut merupakan tanggung jawab petugas BRI diseluruh daerah. Sehingga seluruh petugas sejak dua bulan terakhir terpaksa bekerja lembur, menambah jam kerja Sabtu dan Minggu untuk pelayanan ganti buku tersebut.

Begitupun katanya, proses pengalihan ganti buku ini seringnya terkendala gangguan jaringan yang menyebabkan transaksi pelayanan nasabah lambat dan tidak bisa diproses, katanya.

Akan tetapi pihak BRI Syariah akan terus meningkatkan pelayanannya untuk perbaikan dan penyempurnaan jaringan.

Akmal menjelaskan, sebelumnya informasi pelayanan penggantian buku dari nasabah Bank BRI ini diberikan jadwal hingga 31 Juli 2020. Lantas jika tanggal tersebut tidak dialihkan maka buku rekening terblokir.

Dijelaskannya sampai saat ini belum ada informasi jadwal penambahan waktu untuk penggantian rekening ke BRI Syariah dari kantor cabang. Namun tidak ada pemblokiran untuk buku rekening nasabah yang lama.

Masih banyak lagi, bahkan bisa mencapai ribuan yang belum mengganti rekeningnya, sehingga masyarakat dihimbau segera merubah rekening ke BRI Syariah. Karena layanan bangking nya yang lebih lengkap.

Namun, bagi nasabah penerima dana bantuan sosial belum bisa dirubah ke BRI Syariah. Sebab prosesnya harus menunggu konfirmasi dari pihak Kementerian langsung, untuk transfer dana bansos tersebut.

Terpisah, terkait proses pengalihan buku rekening tersebut, sejumlah warga Singkil, Selasa (28/7/2020) kepada wartawan mengaku kecewa saat pengurusan untuk penggantian buku BRI Syariah.

Lantaran, karena selama COVID-19 terbatasnya nomor antrian untuk bisa masuk ke loket BRI, agar menjaga jarak untuk mengikuti protokoler kesehatan. Sehingga para nasabah terpaksa menunggu hingga dikeluarkan nomor antrian berikutnya.

Ironisnya, meski sudah mengantri berjam-jam proses perubahan buku juga belum selesai. Lantaran gangguan jaringan yang menyebabkan transaksi penggantian buku tidak bisa di proses, dan harus menunggu jaringan normal.

Saya sudah tiga kali ke BRI tapi belum tuntas. Dua kali telat dapat nomor antrian. Hari ketiga dapat nomor antrian, sudah antri malah jaringan gangguan, sehingga harus kembali lagi besok, sebut Suherman salah satu warga Pulo Sarok.

Reporter : Saleh