Strategi Jitu PGRI dan Rubi Ajak Guru Kreatif dan Berkompetensi

oleh -1.318 views
Asissten III Safitri Darma, Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Singkil Khalilullah bersama Ketua PGRI M Najur dan Tim Rubi, saat pembukaan Diklatnas, Sabtu (5/10/2019) kemarin.

ACEHSINGKIL – Ratusan guru dari berbagai tingkatan, TK, SD, SMP dan SMA sederajat, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Diklatnas) agar menjadi guru yang berakhlak, berkompetensi, kreatif dan inovatif.

Kegiatan yang dilaksanakan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, Sabtu (5/10/2019) merupakan serangkaian Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke-74, melalui Diklatnas untuk peningkatan kompetensi Guru di Aceh Singkil yang berlangsung di SD Negeri 3 Rimo.

Ketua PGRI Aceh Singkil M Najur selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, kegiatan Diklatnas dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Berjumlah 300 peserta merupakan guru-guru dari seluruh tingkatan sekolah-sekolah di 11 kecamatan Aceh Singkil.

Katanya kegiatan tersebut digagas PGRI menyusul perkembangan zaman di era digital. Sehingga para guru-guru harus mempersiapkan diri, mengikuti persaingan zaman mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

“Ini merupakan tugas PGRI, untuk memberikan pelatihan dan mengasah ilmu serta kemampuan guru-guru dalam mengajar anak-anak didik kita,” ucapnya

Kegiatan tersebut katanya, bekerjasama dengan sekolah-sekolah dan pembiayaan bersumber dikumpulkan melalui biaya pendaftaran peserta.

Sebut Najur PGRI Aceh Singkil dua kali berturut-turut menerima Piagam di Jakarta, karena masuk dalam lima besar nasional, dalam prestasi Bidang Manageman dan Manageman Keuangan se-Indonesia 2018-2019.

Narasumber dari Ruang Berbagi Ilmu Indonesia (Rubi) Sherli asal Kota Malang Jawa Timur dikonfirmasi mengatakan, empat defenisi utama yang disampaikan untuk meningkatkan guru-guru se-Indonesia.

Diantaranya, bagaimana untuk memotivasi guru-guru selain memiliki skill juga harus memiliki pengetahuan menyampaikan pembelajaran kepada siswa.

Definisi peran profesi seorang guru itu seperti apa, sehingga bisa menyampaikan pembelajaran dengan mudah dan dimengerti siswa.

Disamping itu banyak juga tantangan internal guru yang akan dihadapi, seperti misalnya minimnya alat peraga dan bagaimana cara menyampaikan pengajaran kepada siswa.

Di sini Rubi akan memberikan metode kreatifitas guru disamping butuhnya tingkat disiplin yang tinggi.

Seorang guru juga harus memiliki mimpi dan rencana besar untuk diaplikasikan tindak lanjut bagi masa depan anak-anak.

“Disamping memiliki kreatifitas guru, perlunya memiliki akhlak yang bagus, berkompeten dan wawasan tinggi serta butuh kolaborasi antara murid, guru dan orang tua,” beber Sherli dan kegiatan tersebut berkelanjutan dilakukan evaluasi oleh tim berikutnya.

Reporter: Saleh