Aceh  

Terancam Abrasi, BPBD dan Muspika Sawang Lakukan Pananganan Darurat di Lhok Pawoh

ACEH SELATAN | Terancam Abrasi Akibat Cuaca Buruk, BPBD dan Muspika Sawang Lakukan Pananganan tanggul Darurat Di Lhok Pawoh

Akibat cuaca buruk yang melanda Aceh Selatan beberapa hari terakhir, sejumlah rumah yang berlokasi pada garis pantai di Desa Lhok Pawoh Kecamatan Sawang beresiko terkena ancaman abrasi pada Minggu (3/7/2022) pagi.

Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran melalui Kalaksa BPBD Aceh Selatan, H.Zainal.A, SE mengatakan faktor alam cuaca yang ekstrim menyebabkan permukaan air laut terlalu tinggi mencapai 4 meter hingga 5 meter.

“Kondisi ini membuat beberapa rumah di pesisir pantai yang memiliki ketinggian di atas permukaan laut rata-rata 3 meter berdampak terhadap ancaman abrasi,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya dampak yang melebar, Kalaksa BPBD Aceh Selatan mengatakan pihaknya bersama Muspika Sawang langsung melakukan koordinasi dan melakukan penanganan darurat di lokasi kejadian.

“Ada 7 rumah di Desa Lhok Pawoh yang mengalami resiko abrasi, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi serta Kabid Darurat beserta anggotanya langsung melakukan survey dan memberikan penanganan sementara bersama Muspika Sawang,” terangnya.