320 Peserta Imam Masjid dan Imam Meunasah Ikuti Pelatihan

oleh -206 views

ACEH SELÀTAN – Walaupun Aceh Selatan di landa Covid-19 namun program Azwri Amran (Azam) tetap terealisasi di setiap dinas, seperti Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Selatan.

Program Azam tetap digelar dalam peningkatan pembinaan kapasitas imam meunasah angkatan I yang diselenggarakan dengan cara empat angkatan dengan jumlah 320 peserta yang dimulai sejak hari ini hingga berakhir 9 September 2020.

Acara tersebut berlangsung di ruang rapat hotel Catering Tapaktuan yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Selatan Tgk Amran.

Kepala Dinas Syariat Islam, Indra Hidayat melalui Kabid Pembina SDM dan Sarana prasarana Peribadatan Salmi SE, MM kepada orbitdigitaldaily.com, Selasa (8/9/2020) mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pembinaan kapasitas imam meunasah di Kabupaten Aceh Selatan dimasing -masing gampong dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Selanjutnya dalam pelatihan itu para imam masjid dan imam dibekali ilmu agama yang menyangkut dengan aturan tentang seorang imam baik imam masjid ataupun imam meunasah dan tidak terlepas dari Alquraan dan hadist.

“Ini merupakan salah satu program program Azam yang sedang terlaksana di tahun 2020, meskipun Aceh Selatan di landa Covid-19 namun yang namanya pelatihan tetap mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam kesempatan itu, mengatakan dimana Imam merupakan yang bertanggung jawab dalam kontek pemakmuran meunasah dan sekaligus membina umat dalam peningkatan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Imam tidak hanya sebagai orang yang didepan saja dalam pelaksanaan shalat fardhu tetapi juga sebagai pemimpin umat dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan,” terangnya.

Dikatakanya pembekalan peningkatan kapasitas imam meunasah Kabupaten Aceh Selatan tahun 2020 bertujuan untuk mewujudkan tokoh masyarakat yang profesional dalam melaksanakan tugas.

“Kemudian terlatihnya insan kamil yang berkualitas dan profesional dengan menjujung tinggi nilai-nilai dinul Islam sesuai dengan Alquran dan hadist,” ujarnya.

Reporter : YUNARDI