Aceh Selatan Memiliki Ratusan Hektar Lahan Untuk Penanaman Mangrove

oleh -147 views

ACEH SELATAN- Kabupaten Aceh Selatan yang terdiri dari 18 kecamatan mulai dari Kecamatan Labuhanhaji Barat hingga Trumon Timur memiliki lahan mangrove mencapai ratusan hektar. Demikian ungkap Ketua Tàpaktuan Diving Club (TDC) Maifendry kepada orbitdigitaldaily.com, Rabu (19/8/2020)

Katanya berdasarkan hasil survey yang sudah dilakukan oleh tim TDC lebih kurang 32 hektar yang meliputi di beberapa kecamatan.

Menurutnya lahan untuk persiapan penanaman mangrove di Kabupaten Aceh Selatan yang sudah berhasil di surve yaitu, Kecamatan Bakongan Timur (Bakotim) terdapat di Desa Seulikat seluas 4 hektar, Kecamatan Kluet Utara,terdapat di Desa Kuala Pasie Asahan seluas 10 hektar, Kecamatan Samadua terdapat di Desa Jilatang seluas 2 hektar, Kecamatan Labuhanhaji Timur berlokasi di Sawang Indah dengan luas 4 hektar sedangkan di Kecamatan Labuhanhaji berlokasi di dua Desa yaitu Desa Padang Bakau seluas 10 hektar dan di desa pasar lama seluas 2 hektar.Sehingga luas seluruhnya lahan yang sudah berhasil di survei oleh tim TDC berjumlah 32 hektar katanya.

Maifendry SE proposal permohonan tentang lahan manggrove sudah diminta oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Pusat ( KKP) RI di acara video conference saat serah terima bantuan alat penyelam yang diserahkan oleh kepala BPSPL Padang Ir Muddatsir Kamil mewakili Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP RI Hariyo Anggono yang berlangsung Senin 17 Agustus 2020 bertempat di ruang rapat Setdakab Aceh Selatan.

“Alhamdulilah sambutan dan tanggapan dari Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP RI Hariyo Anggono sangat jelas yang bahwa permohonan usulan mengenai Mangrove langsung diresponnya Insya Allah katanya! dalam tahun ini juga akan segera di realisasikan,” tutup Maifendry SE.

Reporter : Yunardi M.Is