Aceh  

Atasi Harga Meroket, Pemkab Asel Tanam Cabe Merah untuk Warga Miskin

Pemkab Aceh Selatan menggalakkan tanam cabe

ACEH SELATAN | Meroketnya harga cabe merah, sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan tanam untuk masyarakat miskin secara simbolis yang berlangsung Rabu (28/2/2024), bertempat di Dusun Ujong Padang Gampong Ruwak Kecamatan Kluet Utara kabupaten setempat.

Kepala Gampong Ruwak Ahmad Saleh dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas hadirnya semua undangan yang ikut menanam cabe dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat tani di gampong ini, semoga menjadi andalan kawasan pertanian daerah.

Ahmad Saleh Keuchik Gampong Ruwak juga menyebutkan mayoritasnya 85 persen sebagai petani, sehingga dengan luas lahan yang seperti ini menjadi salah satu lumbungnya peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

Kepala Dinas Pertanian H. Nyaklah MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan, gerakan tanam cabe salah satu untuk menekan imflasi daerah Aceh Selatan. Dinas pertanian telah menggelar kegiatan tanam berbagai varitas, seperti di Meukek menanam cabe, Sawang di Tapaktuan, Kluet dan Pasieraja bawang dan juga Labuhanhaji cabe, Alhamdulilah empat titik daerah telah ditanam berbagai varitas.

“Untuk hari ini secara simbolis kita menanam cabe merah di Kluet Utara dengan luas lahan 1 hettar.
Difasilitasi oleh Gapoktan lahan luas ada 8,5 hettar untuk menanam cabe dengan tangan yang dingin Insya Allah hasilnya dapat memuaskan,” katanya.

Kadis juga mengajak semua yang hadir dapat meninjau lahan padi yang sedang dalam proses menguning di gampong Ruwak ini,lahan padi ini juga merupakan salah untuk penekanan implasi daerah Kabupaten Aceh Selatan.

Pj Bupati Aceh Selatan yang diwakili Pj Sekda Ilham Sahputra dalam kesempatan tersebut mengatakan
Upaya meningkatkan perekonomian rakyat terus dilakukan pemerintah daerah, salah satunya sektor pertanian.

“Hari ini barusan kita tanam perdana tanaman cabe di areal 1 hettar lahan,” papar Sekda Ilham Sahputra, S.STP, M.Si.

Tanam cabe merah untuk mengurangi gejolak inflasi di Aceh Selatan

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan melalui Pj Sekretaris Daerah (Sekda) selepas penanaman Cabe secara simbolis didusun Padang menyebutkan, gerakan penanaman Cabe bagi masyarakat miskin ini bertujuan untuk menekan implasi juga salah satunya meningkatkan perekonomian sekaligus mendongkrak produksi tani dan salah untuk menekan implasi daerah.

Aceh Selatan memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Mendukung program pemerintah pusat terhadap ketahanan pangan, Pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian membuka peluang untuk menanami Cabe seluas 14,5 hektar di beberapa kecamatan.

“Pogram tanaman Cabe seluas 14,5 hektar upaya nyata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat tani khusus digampong Ruwak Kecamatan Kluet Utara semoga petani disini terus maju dalam beraktivitas mengolah lahan.

Ketua kelompok tani Plang Wari T. Zuhar Nizan,secara terpisah gampong Ruwak memiliki luas lahan sekitar 5,6 Hektar khususnya di gampong ruwak ini ucapnya.

Sedangkan bibit cabe yang ditanam diarea seluas itu bantuan bibit cabe ini langsung diberikan dari dinas pertanian dengan luas lahan 5,6.hektar.

Reporter : YUNARDI.M.IS