Bursa Inovasi Desa Cluster V Tobasa Sukses Maksimalkan Pemberdayaan Masyarakat

Antusias para Kepala Desa mengikuti pameran BID Cluster V di Habornas Jumat baru baru ini. (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

BALIGE – Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster V Kabupaten Toba Samosir tahun 2019 yang digelar di Balai Pertemuan Kantor Camat Habinsaran Kabupaten Toba Samosir pada Jumat lalu dinilai cukup sukses dan meriah oleh banyak pihak.

Vinky Pasaribu, Staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Toba Samosir di kantornya, Senin (7/10/2019) mengatakan kegiatan BID itu dilaksanakan gabungan dari 3 Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan yakni Habinsaran, Nassau dan Borbor (Habornas).

“Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) sebagai media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa,” jelas Vinky.

Dengan dilaksanakannya Bursa ini diharap dapat mengajak kepala desa se-Kabupaten Tobasa untuk melakukan inovasi sesuai dengan potensi desa masing-masing..

“Intinya bahwa Bursa Inovasi Desa tersebut merupakan ajang pertukaran ide-ide kreatif dalam pembangunan desa, bukan ajang pameran dalam bentuk barang sebab yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa,” ungkapnya.

Dengan demikian, melalui BID ini diharap mampu memicu munculnya inovasi desa yang sesuai dengan kondisi desa.

“Kepala desa diharapkan untuk dapat mereplikasi atau meniru praktek cerdas/ inovasi yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini sesuai dengan kondisi dan potensi desa,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang panitia pelaksana BID Cluster V, A Pardosi saat dihubungi mengatakan bahwa pelaksanaan bursa itu bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kapasitas desa yang bersumber dari dana desa melalui pengelolaan inovasi desa, reflikasi dan mengadopsi kegiatan.

“Dana Desa sangat bermanfaat bagi pembangunan Desa. Hasil evaluasi pemerintah  terhadap pembangunan di desa diperlukan adanya upaya transisi peningkatan dan upaya untuk meningkatkan SDM, itulah harapan hasil akhir bursa ini,” pungkasnya.

Reporter: Bernard Tampubolon