Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan Gelar Penyuluhan Kanker dan Ivatest

Penyuluhan Kanker ini guna pencegahan dan pendeteksi dini kesehatan masyarakat

PADANGSIDIMPUAN | Dinas Sosial Kota Padangsidimpuan menggelar penyuluhan Kanker dan Ivatest kepada seluruh peserta PKH se Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Padangsidimpuan Batunadua, Kamis (21/03/24).

Penyuluhan Kanker ini guna pencegahan dan pendeteksi dini kesehatan masyarakat khususnya Penerima Keluarga Harapan (PKH) se Kota Padangsidimpuan.

Usai melaksanakan kegiatan penyuluhan ini, Kadis Sosial Kota Padangsidimpuan Zufri Nasution menjelaskan bahwa kegiatan penyuluhan Kanker ini sebagai pencegahan preventif bagi seluruh peserta Penerima Keluarga Harapan (PKH).

“Penyuluhan ini adalah sebagai upaya pencegahan preventif yang kita lakukan kepada seluruh peserta PKH di Kota Padangsidimpuan. Dan sebagai mendukung program kerja PKK Kota Padangsidimpuan tentang Ivatest, pada kegiatan ini juga kita sempatkan untuk mensosialisasikan kepada seluruh peserta PKH agar wajib mengikuti Ivatest,” ungkapnya.

Zufri juga menjelaskan, kegiatan Ivatest ini adalah pendeteksian dini kondisi kesehatan bagi para kaum ibu.

“Ivatest ini kita wajibkan untuk pendeteksian dini kondisi kaum ibu untuk mencegah infeksi – infeksi penularan penyakit kanker rahim atau penyakit lainnya,” jelasnya.

Selain itu, pada kegiatan ini Dinas Sosial juga mensosialisasikan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk biasiswa mahasiswa kepada seluruh peserta PKH.

“Kita juga mensosialisasikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk beasiswa mahasiswa, agar peserta PKH ini mendaftarkan anak-anaknya yang lulus sekolah tahun ini supaya dapat melanjutkan pendidikan anaknya kejenjang yang lebih tinggi demi mendapatkan masa depan yang lebih baik,” pungkas Zufri Nasution.

Kegiatan penyuluhan ini menghadirkan narasumber dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia, Yogi Prananta, Amd, Kep

Reporter : M.Hrp