Aceh  

Hari Armada RI, Pasukan TNI-AL Lhokseumawe Merayakan di Kapal

Merayakan HUT di kapal TNI - AL

LHOKSEUMAWE | Satuan Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) dari Sabang sampai Merauke serentak memperingati Hari Armada Republik Indonesia, upacara secara vicon dipimpin langsung Panglima Komando Armada Republik Indonesia Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, terpusat di Jakarta.

Sebelumnya, pangkalan TNI-AL Lanal Lhokseumawe menggelar upacara di Geladak KAL Bireuen dengan berlayar di sekitar Alur Masuk Pelabuhan Lhokseumawe, pada Kamis (30/11/2023), Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) Andi Susanto, sedangkan Komandan Upacara oleh Kapten laut (S) Tomi Budi Setyadi.

Peringatan Hari Armada RI Tahun 2023 bertemakan, “Armada Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, kegiatan diawali penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin Danlanal Lhokseumawe, dilanjutkan mengheningkan Cipta, pelarungan bunga, Do’a, dan ditutup penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bukan hanya dihadiri TNI Angkatan Laut, selaku institusi TNI senantiasa bersinergi bersama stakeholder dan masyarakat sekitar dengan berbagai kegiatan, diantaranya bakti sosial kesehatan dan pemberian sembako kepada masyarakat sekitar kota Lhokseumawe.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh komponen maupun TNI-Polri bersama aparat pemerintah dan stakeholder lainnya, yakni membantu kesulitan masyarakat di sekitar, dimanapun berada kita harus bisa bermanfaat serta senantiasa bersinergis dan berkolaborasi dalam memajukan bangsa dan Negara ini,” ujarnya.

Selain itu, Danlanal mengungkapkan rasa bangga dan berterima kasih atas antusias masyarakat sekitar hadir berbondong-bondong mengikuti bakti sosial yang digelar.

Menurut Danlanal, kegiatan Hari Armada RI ini, diharapkan Angkatan Laut khususnya Armada RI beserta jajaran dan masyarakat bisa menjadi motor sekaligus pelopor dalam menjaga pantai dan laut, sebab, kekayaan alam bahwa laut Indonesia adalah masa depan kita semua, ungkap Danlanal.

Selain upacara, kegiatan Hari Armada RI digelar bakti sosial seperti pengobatan massal, donor darah dan pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Acara turut dihadiri antara lain, Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, Pj Walikota Lhokseumawe Imran, unsur Forkopimda dan Muspika Muara Satu Lhokseumawe, para Perwira dan prajurit Lanal Lhokseumawe, Ibu-ibu Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I dan Saka Bahari binaan Lanal Lhokseumawe yang hadir.

Reporter : Rusdi Hanafiah