Aceh  

IAIN Langsa Wisuda 567 Lulusan Tahap I Tahun 2024

Wisuda lulusan tahap I 2024

LANGSA | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa menggelar Wisuda Tahap I Tahun 2024 di Aula Laboratoriun Terpadu kampus setempat, Selasa (28/5/2024).

Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA pada wisuda kali ini mengukuhkan sejumlah 567 lulusan yang terdiri dari 489 Sarjana dan 78 Magister.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. Yusaini, MA dalam laporannya menyebutkan pada wisuda kali ini terdapat 27 Sarjana yang menyelesaikan studinya selama 7 semester atau 3.5 tahun dan 61 Magister yang menyelesaikan studinya 3 semester atau 1.5 tahun.

Hadir sebagai Penyampai Orasi Ilmiah Komandan Resor Militer (Danrem) 011/Lilawangsa, Kolonel Inf Ali Imran.
Dengan tema kegiatan “Pembentukan Karakter Unggul dan Berakhlaqul Karimah Dalam Bingkai NKRI”, Kolonel Inf Ali Imran menyampaikan materi tentang “Nasionalisme di Era Revolusi Industri 4.0”.

Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada Panglima Kodam (Pangdam) yang diwakili oleh Komandan Resor Militer (Danrem) yang telah memberikan energi kepada alumni melalui penyampaian orasi ilmiahnya.

Kepada para wisudawan, Rektor menyampaikan urgensi dari menuntut ilmu, karena orang yang diangkat derajatnya adalah orang yang berilmu.

“Kata Ilmu itu berasal dari tiga huruf yaitu ‘Ain, Lam dan Mim. ‘Ain berarti ‘Illiyyun yang bermakna tinggi. Lam yaitu Latif yang berarti lembut, dan Mim yaitu Mulk yang berarti kekuasaan,” sebut Rektor.

“Orang yang memiliki tiga variabel ini akan diangkat derajatnya oleh Allah, orang semakin tinggi ilmu maka akan semakin lembut perilakunya, semakin mulia akhlaknya, banyak orang berilmu tapi tidak tinggi moralnya, orang yang berilmu dan baik akhlaknya maka dia akan mendapatkan kekuasaan dan kepercayaan orang lain,” lanjut Rektor.

Karena alasan tersebutlah Rektor mengharapkan para wisudawan tidak berhenti dan harus terus melanjutkan perjalanan dalam menimba ilmunya.

“Alumni IAIN Langsa senantiasa harus condong menimba ilmu, ini bukan hari terakhir kita menimba ilmu, karena namanya belajar tidak ada batasnya,” jelas Rektor.

Pada momentum ini, Rektor juga memberikan beasiswa kepada lulusan terbaik Strata I, Khairunnisa, S.Pd alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang lulus dengan IPK 3.89.

Beasiswa yang diberikan yaitu melanjutkan studi Magister di IAIN Langsa tanpa biaya hingga lulus. Hal ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dan atensi kepada mahasiswa yang tekun menempuh pendidikan di IAIN Langsa.

Reporter : Rusdi Hanafiah