Aceh  

Jembatan Gantung Dusun Alue Sejahtera Mulai Keropos dan Menelan Korban

ACEH SELATAN | Kondisi lantai jembatan gantung dusun Alue Sejahtera Gampong Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan mulai keropos sehingga beberapa hari lalu mulai menelan korban karena papan jembatan gantung tersebut lantainya mulai lapuk dan tiang tiangnya pun sebagian mulai karatan kalau pun dibiarkan bakal jembatan tersebut nyaris ambruk.

Keuchik Gampong Panton Luas Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan Syamsuir yang didampingi Teuku Mahlil Akbar selaku Ketua Pemuda dan perangkat pemerintahan Gampong Panton Luas kepada orbitdigitaldaily Jumat (21/7/2023), menyebutkan, jembatan gantung sebagai salah satunya jalan penyeberangan setiap hari oleh para warga dusun Alue Sejahtera.

“Lantai jembatan tersebut beberapa hari lalu mulai menelan korban bagi anak anak saat melewati jembatan gantung tersebut yang menjadi korban di jembatan gantung Muhammad Fulqan Maulana anak pasangan Juli Efendi S. Sos dan Eka Muliana yang pada saat itu melintas di jembatan tersebut seperti biasa, namun naas baginya, sehingga dirinya dapat ditolong oleh warga setempat,” katanya.

Lanjut Keuchik Syamsuir istilah orang Aceh, masih untung, karena korban tersangkut di gerahang, alias leher, istilah orang kata kata orang Aceh, juga masih untuk karena tersangkut di lehernya, kalau sempat jatuh kebawah, bagaimana, lah, nasip seorang anak anak yang sekarang sudah sehat kembali, namun demikian kami selaku warga dan juga perangkat pemerintahan gampong Panton Luas sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Seperti diketahui, jembatan tersebut merupakan satu satunya jalan yang dilalui setiap hari oleh warga setempat dan sudah saatnya untuk direhab berat serta umurnya sudah puluhan tahun.

Jembatan gantung Dusun Alue Sejahtera sebagai aksesnya warga menuju pusat kecamatan dan di Dusun Alue Sejahtera tersebut juga terdapat masjid dan sekolah SD serta rumah masyarakat.

Menurutnya kondisi jembatan gantung saat sekarang sudah sangat parah, lantai dari papan mulai lapuk dan tiang tiang penyangga mulai karatan, jembatan gantung yang dibangun semasanya AMD sejak puluhan tahun lalu itu sudah saatnya untuk direhab berat.

Kondisi ini diperparah oleh sering terjadinya goyangan hebat saat dilalui oleh kendaraan bermotor dan pejalan kaki sehingga sering terjadinya warga yang mengendarai kendaraan roda dua mengalami kecelakaan tunggal.

Pasalnya, saat dilintasi ayunan jembatan gantung tersebut sangat kencang, ungkap Teuku Mahlil Akbar yang setiap hari ikut merasakan ketidaknyamanan saat melintas sehingga mnenimbulkan kekhawatiran.

Warga di wilayah tersebut memohon kepada Pemkab Aceh Selatan untuk dapat memperhatikan dan merehab jembatan gantung sebagai jalan penyeberangan bagi warga yang tinggal di Dusun Alue Sejahtera khususnya maupun warga lain yang melintas dan sebaliknya.

Reporter : Yunardi