Menuju New Normal, Bupati Taput Tinjau Kesiapan Penerbangan di Bandara Internasional Silangit

oleh -480 views

TAPUT – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, tinjau kesiapan penerbangan di Bandara Internasional Silangit menuju New Normal. Dalam acara kegiatan peninjauan tersebut, hadir sejumlah para Pimpinan OPD Kabupaten Tapanuli Utara, Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Kapolres TAPUT Jonner Samosir, Kejari Tarutung Tatang Darmi, Dandim 0210/TU Rony Agus Widodo, Ketua PN Tarutung, Zefri Mayeldo Harahap, Siborongborong, Rabu (10/6/2020).

“Kegiatan peninjauan dilakukan, untuk memastikan Bandara Internasional Silangit menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam prosedur penerbangan dan juga kesiapan dibukanya kembali jalur penerbangan yang sempat terhenti sementara akibat masa tanggap darurat Covid-19. Berbagai kesiapan di Bandara Internasional Silangit, harus dipastikan sesuai dengan SOP, guna kenyamanan dan keselamatan orang yang keluar masuk ke Tapanuli Utara, terutama dari zona merah. SOP yang ada dipatuhi, untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19,” ucap Nikson Nababan.

Menurut Bupati TAPUT Nikson Nababan, bahwa kesiapan Bandara Internasional Silangit menuju New Normal, sudah menerapkan dan sesuai dengan protokol kesehatan. Melalui acara peninjauan yang dilaksanakan, sudah kita cek penerapan protokol kesehatan, pembatasan jumlah penumpang sudah baik terkesan oleh pihak maskapai.

“Bupati TAPUT bersama Forkopimda dalam acara peninjauan kesiapan Bandara Internasional Silangit yang sempat berhenti sementara akibat situasi Covid-19, bahwa melalui acara sidak protokol kesehatan telah dilakukan. Diharapkan kedepan, SOP tetap dijalankan sesuai instruksi Pemerintah Pusat sebagai kesiapan menuju New Normal. Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Taput bersama TNI, Polri dan Satpol PP sudah standby menjalankan protokol kesehatan. Untuk para penumpang, agar tetap mengikuti aturan yang ditetapkan”.

Lebih lanjut dikatakan, dengan dibukanya kembali Bandara Internasional Silangit, akan turut menghidupkan kembali perekonomian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, turut mendukung program Pemerintah Pusat. Kedepannya kita semua harus membiasakan hidup berdampingan dan berdamai dengan Corona,” tutur Nikson Nababan.

Dalam acara yang sama Kepala Bandara Internasional Silangit Iwan Sutisna menjelaskan, bahwa setiap penumpang harus memenuhi syarat memiliki surat keterangan Rapid Test yang berlaku untuk 3 (tiga) hari dan apabila sudah lewat tiga hari harus Rapid Test kembali. Selain itu, penumpang juga wajib memiliki SIKM (Surat Ijin Keluar Masuk) dan di Bandara akan diukur suhu kembali, harus menggunakan masker dan cuci tangan. Peraturan dan syarat tersebut diterapkan setelah di buka kembali penerbangan dari Bandara Internasional Silangit, yang sempat ditutup sementara pada 24 April lalu,” tutur Iwan Sutisna.

Reporter : Juliber Silitonga