Optimalkan Capaian Program, BKKBN Sumut Lakukan Monev New Siaga di Tebing Tinggi

Foto : Istimewa

TEBING TINGGI | Keberhasilan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tidak terlepas dari baikkan pencatatan dan pelaporan. Cakupan laporan yang rendah, akan berimbas terhadap rendahnya capaian Program.

Dari data yang diperoleh sampai dengan Desember 2022, Capaian MCPR Provinsi Sumatera Utara hanya diangka 42 persen. Dari hasil identifikasi yang kami lakukan, hal ini dikarenakan masih rendahnya cakupan laporan di aplikasi New Siga.

Demikian diungkapkan Ketua Pokja Advokasi, Penggerakan dan KIE Perwakilan BKKBN Sumut – Dra. Rabiatun Adawiyah, MPHR saat melakukan monitoring dan evaluasi Program Bangga Kencana melalui penguatan Aplikasi New Siga, Kamis (23/2) di Kantor Dinas PPAPPKB Kota Tebing Tinggi yang diikuti oleh Kabid Adpin DPPAPPKB dan seluruh PKB/PLKB Kota Tebing Tinggi.

“Kerja siang malam, kalau tidak dilaporkan, tidak dimasukkan dalam aplikasi new siga, akan dinilai tidak bekerja. Tidak ada alasan, tidak dapat menggunakan aplikasi, zaman sudah berubah dan sebagai ASN harus dapat mengikuti perkembangan zaman,” ujar Rabiatun lebih lanjut.

Hal senada diungkapkan Ketua Pokja Data Informasi Perwakilan BKKBN Prov.Sumut – M. Anca Sitorus, S.Pd, MSP.

“Data yang optimal dan valid sangat berpengaruh besar terhadap capaian Program. Era digital saat ini, setiap laporan diinput melalui aplikasi dan saling terintegrasi. BKKBN Pusat langsung memantau cakupan laporan dari aplikasi, capaian indikator kinerja juga akan selalu dipantau melalui aplikasi New Siga. Oleh karenanya pastikan seluruh desa/kelurahan, faskes KB pemerintah dan swasta cakupannya 100 persen,” harap Anca.

Pertemuan dilanjutkan dengan evaluasi dan diskusi bersama capaian Program Bangga Kencana Bulan Januari 2023. Salah-satu masih belum maksimalnya capaian pelayanan KB adalah tidak terlaporkannya pelayanan Kb mandiri.

“Ini memang menjadi bahan evaluasi kami, bahwa pelayanan KB Mandiri sangat kecil terlaporkan, untuk itu kedepannya kami petugas dlapangan bersama dengan IBI akan melaporkan dan menginput capaian prlayanan KB mandiri dalam aplikasi New Siga,” ungkap salah seorang peserta – Yuwirna.

Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkat cakupan laporan sehingga kan berdampak terhadap peningkatan capaian Program Bangga Kencana Kota Tebing Tinggi.

Selanjutnya dilakukan pembelajaran penggunaan aplikasi New Siga serta diskusi permasalahan teknis penginputan yang sering dialami oleh PKB/PLKB. (Red)