Medan  

Organisasi Pers se Sumatera Utara RDP Terkait RUU Penyiaran

Ketua DPRDSU Fraksi PDIP Sutarto memberikan pendapat saat RDP dengan para Organisasi Pers Se Sumatera terkait RUU penyiaran di Gedung Rapim DPRDSU, Jalan Imam Bonjol, Medan. Senin (27/5/2024). Orbit digital/ Iwan

MEDAN | Para jurnalis yang tergabung dari berbagai organisasi pers se Sumatera Utara melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait Rancangan UUD Penyiaran di Gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan Senin, (27/5/2024).

Dalam rapat tersebut perwakilan dari Ketua DPRDSU Fraksi PDIP Sutarto, menerima aspirasi para jurnalis serta memberikan tanggapan atas rancangan UUD yang membungkam kerja para jurnalis tersebut.

Para jurnalis yang ikut dalam RDP tersebut di bawah naungan organisasi kewartawanan seperti Pewarta Foto Indonesia (PFI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia serta Forum Jurnalis Perempuan (FJP) Indonesia.

“Saya harus sampaikan fungsi pers ini ada tiga hal yang pertama pendidikan dan edukasi, memberikan informasi kepada publik serta yang terakhir situasi kontrol atau pengawasan. Oleh karena itu pers menjadi pilar demokrasi yang harus diberi penguatan mendorong fungsi- fungsi sebagai check and balance, agar kebijakan kebijakan oleh institusi bisa dilakukan pengawasan karena itu bagian dari fungsi social society,” sebut Sutarto.

Dikatakan, fungsinya sebagai pengawasan, tentu gagasan rekan jurnalis akan kita support, dan akan kita sampaikan ke Komisi l. Karena kewenangan DPRDSU institusi legislatif di sumatera utara menampung, mengakomodir serta memperjuangkan kepentingan rekan jurnalis sekalian. Kita akan sampaikan aspirasi rekan- rekan jurnalis sekalian, terkait perubahan Rancangan UUD Penyiaran, ujarnya.

Sutarto juga mengatakan akan memperjuangkan hak jurnalis serta meminta lengkapi berkas argumen atau point point terpenting.

“Ya lengkapi Berkas berkas mana yang menjadi point terpenting dengan argumentasi sehingga kita akan sampaikan dan perjuangkan di Komisi I DPRRI. Kami juga akan mengagendakan dengan komisi A untuk bisa menyampaikan hal ini ke Komisi I,” jelasnya.

Setelah selesai rapat dan mendengarkan pendapat para jurnalis memberikan berkas dan meninggalkan gedung DPRDSU.

Reporter : Iwan GB