Karo  

Pemkab Karo Gelar Peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Kenakan pakian adat Karo, Kapolres Tanah Karo AKBP WahyudiK Rahman,SH, SIIK, MM pimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila

KARO I Pemerintah Kabupaten Karo gelar peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Sabtu (1/6/2024) di halaman parkir Kantor Bupati Karo. Jalan Jamin Ginting Kabanjahe.

Dikesempatan itu, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman,SH, SIIK, MM selaku Inspektur Upacara menyampaikan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Hari lahirnya Pancasila adalah hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 melalui pidatonya di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). Tema pada peringatan Hari Pancasila tahun 2024 yaitu Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Kapolres Tanah Karo.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Turut hadir, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting, Sekda Kab Karo, Forkopimda Karo, Para Asisten Setda Kab.Karo, Para Kepala OPD serta ASN dijajaran Pemkab Karo dan utusan pelajar di Kabupaten Karo.

Reporter : Daniel Manik