Polres DS Belum Jawab Surat dari Wassidik Poldasu

Kuasa Hukum Mardi Sijabat SH, CPCLE saat, ke Polda Sumut, pertanyakan Dumas ke Wassidik

MEDAN | Polresta Deli Serdang dinilai lamban soal penanganan Pengaduan Masyarakat (Dumas) yang dilayangkan Kuasa Hukum Mardi Sijabat SH CPCPLE tentang SP3 yang dibuat Satreskrim Mapolresta Deli Serdang.

Saat ini kasus tersebut diproses di Unit Ekonomi sebagai Juper Bripka Eka Roby dan ditandatangani Kasat Reskrim Kompol I Kadek Cahyadi tentang kasus penipuan dan penggelapan.

Dumas tertanggal 9 Maret 2023 itu ditujukan kepada Kapolri, Irwasum Mabes Polri, Divisi Propam Mabes Polri, Kapolda Sumut, Kabid Propam Polda Sumut, Itwasda Polda Sumut, Ditreskrimum Polda Sumut, Kabag Wasidik Polda Sumut dan Kapolresta Deli Serdang, tetapi prosesnya dinilai sangat lamban.

Bahkan tim kuasa hukum pada kasus tersebut menilai prosesnya terkesan disepelekan oleh pihak Polresta Deli Serdang, sedangkan divisi Propam Mabes Polri sudah membalas surat tersebut pada tanggal 27 Maret 2023 kepada pengadu dan menyurati Birowassidik bareskrim Polri pada tanggal 21 maret 2023.

Selanjutnya menurut Mardi Sijabat, Biro Bagian Pengawas Penyidikan Ditreskrimum Polda Sumut atas surat Dumas tersebut pada tanggal 14 Maret 2023 telah diberikan petunjuk dan arahan kepada Kapolresta Deli Serdang sesuai surat Dirreskrimum Polda Sumut Nomor : B/ 3907 /III/Res.7.5/2023.

Namun sampai bulan Juni 2023, surat dari Polda Sumut itu belum dijawab oleh pihak Mapolresta Deli Serdang, ketika dikonfirmasi (13/6) hal surat tersebut kepada bagian pengawas Polda Sumut Kompol Efendi Tarigan menjelaskan bahwa surat yang yang dilayangkan ke Mapolresta Deli Serdang sampai saat ini belum juga dibalas, katanya kepada tim kuasa hukum sebagaimana disampaikankepada wartawan.

“Tapi sabar dulu biar besok saya telpon ke penyidik di Polresta Deli Serdang,” kata kuasa hukum kasus tersebut.

Lambannya proses Pengaduan Masyarakat (Dumas) tentang kasus penipuan dan penggelapan di Mapolresta Deli Serdang membuat warga kecewa, termasuk Kuasa Hukum dari Rajaman Purba, Mardi Sijabat. OR – 07