Romo Benny Apresiasi Dakwah Kerukunan Tuan Guru Batak

oleh -284 views
Romo Antonius Benny Susetyo, anggota Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) memberi apresiasi kepada Al-Faqir Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA. (orbitdigitaldaily.com/Diva Suwanda)

JAKARTA – Romo Antonius Benny Susetyo, anggota Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) memberi apresiasi kepada Al-Faqir Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad Sabban elRahmaniy Rajagukguk MA.

Menurut Romo, TGB Syekh Dr Ahmad Sabban berhasil menciptakan kerukunan beragama dalam dakwah-dakwahnya.

“Terimakasih atas kedatangan, Yang Mulia Tuan Guru Batak (TGB). Moderasi beragama merupakan keharusan kita dalam masyarakat yang bhinneka tunggal ika. Maka menjaga kemajemukan, keragaman dan serta bagaimana jihad kemanusiaan itu menjadi sangat penting,” ungkap Romo Benny yang juga cendekiawan nasional itu dalam dan bincang-bincang tentang moderasi beragama dengan Romo Antonius Benny Susetyo, Selasa (19/11/2019) kemarin.

Menyahuti Romo Benny, TGB Syekh Dr Ahmad mengucapkan terimakasih.

Menurutnya, apa yang diungkapkan Romo Benny sebuah bentuk penguatan persaudaraan antar pemuka agama.

“Saya, sangat berkesan atas keramahan dan kehanhatan Romo dalam menguatkan persaudaraan antar pemuka agama,” ungkap TGB.

Menurutnya, para pemuka agama dan seluruh elemen bangsa agar tidak pernah lelah duduk bersama memikirkan persaudaraan sejati anak bangsa.

“Mempertegas agama sebagai rahmat untuk semesta dengan memperkuat pesan-pesan kerukunan, kebangsaan dan ke-Indonesiaan,” terangnya.

Ia mengutarakan, dengan dakwah kerukunan serta kegiatan keagamaan yang postif diharapkan mampu meminimalisir paham-paham keagamaan yang menyimpang

Mengacu pada dinamika sosial-politik keagamaan yang terjadi, memang dibutuhkan dakwah kerukunan dan kebangsaan untuk menetralisir paham radikalisasi agama. Khususnya di kampus-kampus yang potensial disusupi paham tersebut.

“Karena pemahaman agama yang radikal merupakan dasar dari tindakan terorisme. Hal ini sangat jelas dengan ajaran Islam. Tentunya ini membahayakan keamanan nasional,” sebutnya.

Jihad Membangun Perdamaian

Ia mengajak seluruh umat beragama ikut berjihad dalam membangun perdamaian dan kerukunan bangsa.

TGB merupakan tokoh spiritual dan penggiat sufi dari Sumatera Utara yang dikenal dengan keunikannya sebagai Mursyid Thoriqoh. Ia memiliki gagasan dakwah kerukunan dan kebangsaan.

Banyak tokoh yang mengapresiasi dakwah kerukunan yang dikembangkannya. Antara lain juga disampaikan Ulama dari kalangan Aswaja yang juga Rektor UIN SU yakni TGS Prof Dr KH Saidurrahman MAg

“Beliau ini kaya dengan gagasan dakwah kerukunan dan kebangsaan. Ia juga mampu berinteraksi dan bekerjasama secara humanis dengan pemuka lintas agama untuk membangun bangsa yang berkeadaban,” ungkap TGS Prof Dr KH Saidurrahman MAg

Menurut Prof Dr KH Saidurrahman MAg bukan cuma materi dakwahnya TGB, bahkan rumah sufi pondok persulukannya pun di Simalungun berdampingan dekat dengan gereja dan tetap menjaga keharmonisan antar umat beragama.

Sebagai wujud dari gerakan dakwah kerukunan dan kebangsaan ini. TGB Luncurkan Buku dan Lantik Gerakan Dai Kerukunan dan Kebangsaan baru-baru ini di Medan dengan mengusung isu soliditas keberagamaan dan kebangsaan.

Acara tersebut dirangkai dengan Dialog Nasional Memperkokoh Ikatan Persaudaraan Kebangsaan yang dibuka langsung oleh Gubsu Edy Rahmayadi dihadiri ratusan tokoh dari lintas agama, para pejabat pemerintahan, TNI dan Polri, di Hotel JW Marriot Medan.