Aceh  

Tanda Tanya, Pj Bupati Abdya Minta Difoto dengan Ketua DPRK

Pj Bupati Abdya H.DarmansahSPd MM bersalaman dengan Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Abdya, Heru Widjatmiko SH MH ikut tersenyum

ABDYA | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah SPd MM menggelar Resepsi dan Pembubaran Paskibra dan Pembubaran Panitia HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia 2023 di Pendopo Bupati Setempat, Kamis (17/8/2023) malam.

Acara resepsi tersebut, digelar bertepatan di hari kedua Darmansah melaksanakan tugas satu tahun untuk tahun kedua sebagai Pj Bupati Abdya 2023-2024.

Diketahui, Darmansah menerima Surat Keputusan (SK) perpanjangan tugas dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI yang diserahkan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki di Meuligoe Gubernur di Banda Aceh, 15 Agustus 2023 lalu.

Acara seremoni tersebut tampak sekilas biasa-biasa saja, berlangsung dalam suasana sangat cair dan sejuk, sesejuk hujan turun malam itu. Tapi ada yang menarik di akhir acara. Darman (nama panggilan Pj Bupati Abdya itu) secara khusus meminta agar difoto ketika ianya bersalaman dengan Ketua DPRK Abdya, Nurdianto.

Permintaan yang terkesan tidak biasa ini setelah Pj Bupati Darmansah menyampaikan sambutan pada malam resepsi yang dihadiri seluruh Forkopimkab, Pejabat Sipil, TNI/Polri, Tokoh masyarakat serta pimpinan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan setempat.

Usai menyampaikan sambutan dan sebelum menempati kursi deretan terdepan yang juga ditempati seluruh Forkopimkab bersama sejumlah pimpinan instansi vertikal, Pj.Darmansah bersalaman dengan Ketua DPRK Nurdianto. Nah, saat itulah tiba-tiba Darmansah secara khusus meminta agar momen tersebut diabadikan alias difoto.

“Mana (juru foto), foto saya bersama ketua,” kata Darman dengan senyum khasnya. Permintaan Pj Bupati Darmansah secara tiba-tiba itu segera mendapat respon. Juru foto, termasuk para pewarta berebut maju ke depan untuk mengabadikan momen Darman bersalaman dengan Nurdianto sambil berdiri disaksikan semua undangan yang berhadir.

Ketika dijepret kamera, Darmansah dan Nurdianto memperagakan formasi salam kompak, dipadu senyum sumringah keduanya ketika melihat ke arah kemara.

Selain bermakna kekompakan, adegan bersalaman seperti itu juga menggambarkan kebahagian tiada tara. Sampai-sampai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Abdya, Heru Widjatmiko SH MH, dalam posisi berdiri di samping Pimpinan DPRK ikut tersenyum melihat adegan tidak biasa Ketua DPRK dan Pj Bupati berfoto dalam posisi bersalaman.

Ada Apa ?

Sebenarnya tidak ada yang istimewa kalau Pj Bupati foto bersama dengan Ketua DPRK. Sebagai pejabat teras, tentu mereka sering bersama-sama dalam banyak kesempatan, dan menjadi objek sasaran para tukang fhoto.

Namun kemudian menjadi menarik perhatian dan tidak biasa ketika dalam sebuah acara terbuka seperti, tiba-tiba Pj Bupati secara khusus meminta momen bersalaman itu agar diabadikan alias difoto. Ada pihak yang bertanya, ada apa sebenarnya?

Di antara undangan yang berhadir dalam acara resepsi tersebut memaknai bahwa fhoto dalam posisi bersalaman itu merupakan ungkapan terimakasih Darmansah kepada lembaga DPRK Abdya yang telah mengusulkan namanya bersama dua pejabat lainnya sebagai Calon Pj Bupati Abdya tahun 2023-2024. Sampai kemudian Mendagri RI mempertimbangan untuk mengeluarkan SK perpanjangan masa tugas untuk tahun kedua.

Makna kedua, bisa jadi Darman ingin memperlihatkan kepada publik, paling tidak kepada undangan yang hadir pada malam resepsi itu, bahwa hubungan dirinya dengan Nurdianto sebagai representasi lembaga DPRK setempat dalam keadaan baik-baik saja, tetap kompak dalam upaya mewujudkan Kabupaten Abdya bersama masyarakat lebih maju ke depan.

Soalnya, ada selintingan isu yang mencuat bahwa sejak proses lahirnya rekomendasi dari DPRK tentang usulan tiga nama calon Bupati Abdya sampai Mendagri RI mempertimbangan untuk menebitkan SK perpanjangan masa tugas Darmansah sebagai Pj Bupati Abdya diwarnai dinamika yang sangat menegangkan. Melahan, berkembang spekulasi yang cukup menebarkan.

Reporter : Nazli