Warga Tunggu Pemasangan Beronjong DAS Porang, BPBD Galus: Tinggal Tunggu Waktu

oleh -462 views
Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Gayo Lues. (orbitdigitaldaily.com/Putra)

GAYOLUES – Sebahagian warga Desa Porang, Kecamatan Blangkejeren mempertanyakan pemasangan beronjong di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sebelumnya pernah dijanjikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Siti S, seorang warga setempat menyebutkan, sebelumnya BPBD Gayo Lues pernah membuat normalisasi untuk pencegahan, namun saat ini normalisasi tersebut sudah habis terkikis arus sungai.

Kemudian, beberapa waktu lalu, instansi terkait pernah menyatakan bahwasanya ditahun 2020 ini akan memasang beronjong di DAS Porang terkhusus di wilayah permukiman warga.

“Kami menanyakan hal ini karna arus air sudah mulai mendekat degan permukiman kami, dikarnakan normalisasi yang ada sudah hampir habis, jadi kami sangat khawatir jika rumah pun ikut terbawa arus air,” katanya beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPBD melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Gayo Lues, Mhd Saleh M SE menjelaskan, untuk pemasangan beronjong di DAS Porang Proposal nya sudah diajukan tinggal menunggu waktu.

Tambahnya, apabila proposal masih belum diturunkan,pihak BPBD akan mensiasati dari APBK. “Kami harapkan kepada masyarakat setempat mohon untuk bersabar karna semua masih dalam proses,” sebut Saleh, Rabu (22/1/2020).

Reporter: Putra