2.996 Personil PLN, Siap Jaga Pasokan Listrik Perayaan Idul Adha 1444H

MEDAN | PLN Unit Induk Distribusi siap menjaga pasokan kelisrikan dalam menyambut hari raya Idul Adha 1444H. Momentum tersebut digelar sejak tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2023 agar seluruh masyarakat dapat menjalankan serangkaian kegiatan ibadah dan penyembelihan hewan qurban.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Awalludin Hafid mengatakan ketersediaan pasokan daya selama periode siaga Idul Adha 1444H dalam kondisi normal/aman. Daya mampu pembangkit sebesar 3.369 Megawatt, dengan beban puncak diprediksi naik 3 persen dibanding tahun lalu sebesar 1.932 Megawatt dan cadangan daya 340 Megawatt.

“Sebanyak 258 posko siaga telah kami siapkan dan sebanyak 505 titik lokasi tempat ibadah dan 315 titik lokasi strategis lainnya tersebar pada 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 64 Unit Layanan Pelanggan (ULP). Dengan jumlah personil sebanyak 2.996 Orang terdiri dari pegawai, tenaga alih daya dan mitra kerja. Tidak hanya itu, PLN juga mempersiapkan peralatan pendukung berupa genset sebanyak 107 unit, 9 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 56 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 362 unit kendaraan operasional mobil serta motor dan maerial cadangan gangguan tersedia dalam jumlah cukup”, ungkap Awalludin.

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam merayakan Idul Adha 1444H. Masyarakat dapat menikmati layanan PLN dalam satu genggaman melalui aplikasi PLN Mobile. Sebanyak 3 juta pelanggan di Sumatera Utara telah merasakan kemudahan menggunakan aplikasi superapps ini.

Tidak hanya memberikan kemudahaan kepada masyarakat dalam menggunakan layanan PLN. Melalui aplikasi PLN Mobile masyarakat juga dapat mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di Sumatera Utara. Para pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir menggunakan kendaraannya selama perayaan Idul Adha. Sebanyak sepuluh SPKLU tersebar dilokasi strategis yang siap untuk dipergunakan oleh para pemilik kendaraan ramah lingkungan.

“Layanan PLN kini semakin mudah dalam satu genggaman. Masyarakat dapat menikmati layanan PLN kapanpun dan dimanapun. Tidak hanya memberikan layanan PLN saja, melalui PLN Mobile masyarakat juga bisa mengetahui berita seputar PLN dan lokasi SPKLU yang telah dipersiapkan PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Sumatera Utara”, Ungkap Awalludin.

PLN juga menghimbau masyarakat yang akan melakukan liburan Idul Adha dan libur sekolah agar melakukan membayar tagihan listrik sebelum jatuh tempo dan mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari kebakaran.rel