34 Tim Futsal Perebutkan Piala Pemuda Katolik Labuhanbatu

Ketua Pemuda Katolik Komcab Labuhanbatu Timbul Hutajulu didampingi pengurus saat melakukan tendangan bola pertama dimulainya turnamen futsal antar gereja se Kabupaten Labuhanbatu Raya

LABUHANBATU I Memeriahkan Dies Natalis Pemuda Katolik ke 78, Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Labuhanbatu mengadakan pertandingan futsal antar gereja yang diikuti 34 tim dari 3 kabupaten yakni, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara (Labura) dan Labuhanbatu Selatan.

Dies Natalis Pemuda Katolik ke 78 tahun 2023 ini bertemakan, “Spiritualitas 1 abad gerakan politik awam Katolik dalam menghadapi tahun politik 2024” berlangsung selama 2 hari sejak tanggal 18 dan 19 November 2023 berlangsung di Gelanggang Olahraga Rantauprapat (GOR), Sabtu (18/11/2023).

Ketua panitia Gilbert Manalu dalam sambutannya pada acara pembukaan tersebut mengatakan, diminta seluruh panitia dan peserta bahwa turnamen futsal ini tidak bermuatan unsur politik maupun pencalegan hanya saja Dies Natalis Pemuda Katolik bertepatan jatuh pada tanggal 15 November 2023.

“Mari kita sukseskan turnamen ini dan semoga pada tahun berikutnya kami tetap mengadakan turnamen berikutnya,” sebut Gilbert Manalu.

Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Labuhanbatu yang diwakili Oday menyampaikan salam dari Ketua AFKAB Labuhanbatu Romario Simangunsong tidak dapat hadir karena lagi kurang sehat. ‘Salam dari Ketua AFKAB Labuhanbatu tidak dapat hadir karena lagi kurang sehat,” ujar Oday.

Selain menjalin silaturahmi antar gereja se Labuhanbatu Raya, turnamen ini bertujuan mencari bibit muda yang berpotensi menjadi atlet futsal masing-masing kabupaten karena kalah dan menang sudah biasa setiap turnmaen. “Kalah menang sudah biasa, mari kita buat acara ini sebagai persahabatan antar gereja se kabupaten Labuhanbatu,” pesan Oday.

Ketua Pemuda Katolik Komcab Labuhanbatu Timbul Hutajulu didampingi Sekretaris Bosken Harianja disela pertandingan menerangkan, tidak hadirnya Forkopimda Labuhanbatu atau bupati dalam pembukaan turnamen tersebut karena ada sedikit kesalahan dari panitia, dimana panitia baru menyampaikan undangan kepada Bupati Labuhanbatu 2 hari sebelum acara pembukaan dilaksanakan.

“Kemungkinan ada kesalahan teknis dari panitia, karena 2 hari sebelum pertandingan kami memberi undangan kepada Bupati Labuhanbatu,” jelas Timbul Hutajulu.

Timbul Hutajulu menambahkan, Pemuda Katolik Komcab Labuhanbatu tetap satu arah dengan Pemuda Katolik Pusat, dimana Pemuda Katolik harus berperan aktif mengawal Pemilu 2024 dan Pemuda Katolik tidak berpolitik saat ini dan seterusnya.

Semoga turnamen ini dapat berjalan dengan baik sampai akhir, karena tujuan turnamen ini adalah memeriahkan Dies Natalis Pemuda Katolik dan berharap turnamen ini akan berlangsung setiap tahun dan pada tahun depan direncanakan akan diadakan turnamen terbuka atau umum dalam memeriahkan Dies Natalis Pemuda Katolik, terang Timbul Hutajulu mengakhiri keterangannya.

Pantauan dilapangan, pembukaan turnamen futsal antar gereja se Kabupaten Labuhanbatu Raya tersebut tidak dihadiri pejabat Forkopimda Labuhanbatu maupun yang mewakili, dimana sebelumnya panitia pertandingan telah melayangkan undangan kepada Bupati serta Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu.

Sebelum acara pembukaan, digelar pertandingan antara HKBP Aek Nabara melawan BNKP Pondok Tengah yang dimenangkan BNKP Pondok Tengah dengan skor 2-0.

Usai acara pembukaan dilanjutkan pertandingan antara Gereja GPDI Ujung Bandar melawan HKBP dimenangkan GPDI Ujung Bandar skor 2-0 dengan adu pinal. Sementara pertandingan antara GMI Elohim melawan OMK 2 Aek Kanopan dimenangkan OMK 2 Aek Kanopan skor 2-1.

Sebelumnya, Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Gusma dalam peringatan Dies Natalis 78 Tahun Pemuda Katolik di sela acara Retret Nasional Pemuda Katolik di Tana Toraja tanggal 16 November 2023 lalu, meminta seluruh kader Pemuda Katolik untuk solid dan berperan aktif dalam pemilu 2024.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Gusma berharap seluruh komponen Pemuda Katolik dapat terorkestrasi secara kompak dan solid dan meskipun kecil tetap berotot dalam kontribusi aktif dalam Pemilu 2024. “Wajib berperan aktif, bukan baperan,” tegas Gusma dalam kesempatan tersebut.

Reporter : Robert Simatupang