Akademisi USU Roy Fachraby Ginting Harapkan Presiden Jokowi Tunjuk Prof Muryanto Amin Sebagai Pejabat Gubsu

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si. (Foto/Ist)

KARO | Menjelang berakhirnya jabatan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada tanggal 5 September 2023 mendatang. Akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) Roy Fachraby Ginting SH MKn mengharapkan agar Sumatera Utara dapat di prioritaskan jabatan pejabat Gubernur Sumatera Utara dari kalangan akademisi dan sosok yang terbaik. Figur yang cocok untuk itu adalah Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si karena beliau adalah figur yang sangat paham secara menyeluruh mengenai Sumut.

Hal itu diungkapkan dosen Unit Pelaksana Teknis Pusat Perkuliahan Ilmu Dasar dan Umum Universitas Sumatera Utara (UPT PP LIDA USU) Roy Fachraby Ginting SH MKn, Selasa (11/7/2023) di Berastagi.

Menurut Roy, pengajuan Prof Dr Muryanto Amin menjadi Pejabat Gubernur Sumut tentu sudah melalui berbagai kajian politik dan kepentingan pembangunan serta kesejahteraan rakyat. Sumut butuh pemimpin yang netral dan bisa di terima oleh semua pihak.

Gubsu dari kalangan akademisi diharapkan akan memiliki pemikiran hebat mengenai skala prioritas pembangunan Sumut kedepan dan hal ini tidak terlepas dari pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki Prof Dr Muryanto Amin dalam pemahaman yang mendalam tentang teori dan penelitian dalam bidang tertentu, yang memungkinkannya untuk menentukan kebijakan publik serta memahami pelbagai isu yang kompleks di Sumatera Utara dalam mengantarkan suksesi kepemimpinan Gubernur Sumatera Utara kedepan.

Disebutkannya, sosok Prof Dr Muryanto Amin dinilai cocok dan pas sebagai Pejabat Gubsu yang nantinya tentu harus memahami Sumut mulai dari aspek demografi, topografi, hingga karakter Sumut yang berwarna. Selain itu, Muryanto Amin sebagai Pejabat Gubsu diharapkan dapat memahami persoalan yang ada di berbagai perspektif dan hal ini tentu sangat cocok mengingat beliau selama ini adalah dosen dan staff pengajar serta Mantan Dekan Fakultas Ilmu sosial politik di USU.

“Saat ini menjadi Rektor USU yang tercatat cukup berprestasi mengantarkan Universitas Sumatera Utara yang berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang tertuang dalam sertifikat BAN-PT No. 1517/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/IX/2022,” kata Roy Fachraby Ginting yang juga pernah menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi USU ini.

Untuk itu, Roy Fachraby Ginting meminta supaya Menteri Dalam Negeri dapat memberikan pertimbangan kepada Presiden Joko Widodo agar pejabat Gubsu merupakan sosok dan figur akademisi yang bertugas di Sumut dan tentu harus paham kultur sosial budaya di Sumut baik dari segi demografi kependudukan, topografi wilayah.

“Kemudian karakter yang lebih begitu berwarna, dan memahami juga persoalan di Sumut dari berbagai perspektif dan hal itu itu semua ada pada diri Prof Dr Muryanto Amin,” pungkas Roy Fachraby Ginting.

Reporter : Daniel Manik