Belum Tetapkan Anggota DPRK Terpilih , Ini Alasan KIP Acehsingkil

oleh -687 views
Sidang pleno KIP di Aula Media Center, Desa Selok Aceh Singkil

ACEHSINGKIL (orbitdigital): Hingga kini Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil belum menetapkan 25 anggota DPRK terpilih periode 2019-2024, usai Pemilu serentak 17 April 2019 lalu.

Padahal, penetapan anggota DPRK terpilih sebelumnya sudah dijadwalkan 22 Juli 2019 sepekan lewat. Ironisnya sampai ini pleno KIP belum dilaksanakan.

Terkait penetapan DPRK terpilih itu, Ketua KIP Aceh Singkil Edi Sugianto, Selasa (30/7/2019) menjelaskan, jadwal pleno penetapan anggota dewan terpilih seharusnya dilaksanakan 22 Juli 2019.

Namun karena adanya gugatan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dalam perselisihan hasil pemilu, sehingga penetapan akan dilaksanakan menunggu hasil keputusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK).

Sampai ini KIP Aceh Singkil belum menerima hasil keputusan MK terkait gugatan PKS tersebut. Sehingga KIP belum bisa menetapkan Anggota DPRK terpilih.

“Kita masih menunggu hasil keputusan MK, untuk pelaksanaan pleno penetapan Anggota DPRK terpilih. Karena masih adanya kelanjutan sidang gugatan dari PKS di Dapil I Aceh Singkil,” Ucap Edi.

Begitupun pembacaan hasil keputusan gugatan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan MK, pada 6-9 Agustus 2019.
Selanjutnya, setelah keputusan MK diterima maka KIP Aceh Singkil akan menetapkan Anggota DPRK yang terpilih.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, ada dua Partai yang melayangkan gugatan perselisihan pasca Pemilu April 2019 lalu ke MK.
Yakni, dari Partai Demokrat di dapil III dan PKS di Dapil I. Namun gugatan Partai Demokrat dalam putusan sela MK dinyatakan ditolak. Sementara untuk PKS, gugatannya berlanjut hingga menunggu hasil keputusan MK pada 6-9 Agustus 2019 mendatang. Ao-09/10