Karo  

Cek Ruang Isolasi, Bupati Ingin Penanganan Pasien Covid-19 di RSUD Kabanjahe Maksimal

Bupati Karo Terkelin Brahmana saat mengecek Ruang Isolasi di RSUD Kabanjahe, Senin (20/4/2020). Terkelin menegaskan ingin memastikan penanganan pasien Covid-19 berjalan maksimal. (orbitdigitaldaily.com/David Kaka)

TANAHKARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana mengecek kesiapan dan kelengkapan fasilitas ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe, jalan Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe, Senin (20/4/2020).

“Hari ini kita melihat langsung kesiapan dan kelengkapan ruang isolasi. Ada 12 kamar telah dipersiapkan di RSUD Kabanjahe,” katanya kepada orbitdigitaldaily.com.

Terkelin menerangkan, pengecekan rumah sakit milik pemerintah daerah tersebut dilakukan, karena RSUD Kabanjahe merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah dalam menangani pasien Covid-19.

Menurut Bupati, Pemda Karo akan terus berupaya untuk membuat fasilitas yang lebih baik lagi sesuai standar dari Kementerian Kesehatan, untuk penanganan pasien yang terpapar virus corona.

“Sekiranya ada yang tidak kita diinginkan, kita sudah siap baik dari tenaga medisnya, peralatan maupun tempat istirahatnya,” tambahnya.

Selain itu kata Terkelin, RSUD Kabanjahe juga sudah menyiapkan ruang inap (ruang isolasi) bagi para dokter dan perawat yang akan merawat pasien Covid-19. Termasuk Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, telah disiapkan.

Sementara, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karo, Iriani Tarigan, yang turut mendampingi Bupati Karo menyebutkan, mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemda Karo.

“Sesuai tupoksi kita, kita akan terus awasi apa yang dilakukan Pemda dalam penanganan Covid-19 ini. Kalau soal kelayakannya, itu dari Departemen Kesehatan. Tapi kita sudah melihat, dan peralatannya sudah lumayan,” kata Iriani.

Turut mendampingi, Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setio SIK, Kajari Karo Denny Achmat, Ketua PN Kabanjahe Sulhanuddin, Ketua Gugus Tugas Martin Sitepu, Kadis Kesehatan Karo Irna S Meliala, dan Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Wijaya.

Reporter: David Kaka