Di Secanggang, Masyarakat Rame-rame Jadi Petambak Udang Vaname

oleh -794 views
Tambak Udang Paname Dengan Sistim Wadah Terpal Plastik

LANGKAT – Masyarakat di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mulai mengalihfungsikan tanaman kelapa sawit ke budidaya udang Vaname.

Usaha budidaya udang Vaname ini cukup menggiurkan bagi masyarakat, khususnya di Desa Sungai Ular Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Apa tidak, gegara keberhasilan para pembudidaya udang tambak menggunakan sistim terpal ini, para masyarakat lainnya mulai mengikuti langkah keberhasilan tersebut, dan arael perkebunan sawit disulap menjadi tambak udang.

Salah satunya Ifan (23) warga Dusun ll Desa Sungai Ular Kecamatan Secangang. Dilahan miliknya, yang sebelumnya ditanami pohon kelapa sawit, sudah ditumbangi olehnya, dan mengalihkan areal tanaman kelapa sawit menjadi tambak udang Vaname dengan sistim wadah terpal plastik, dan memanfaatkan air yang berasal dari sumur boor dengan kadar air asin.

Kepada orbitdigital, Jumat (6/12/2019) Ifan menceritakan, dirinya baru mulai usaha ini.

“Saya tergiur dari usaha budidaya tambak udang milik teman. Dia memiliki 2 kolam tambak, dan menghabiskan modal sebanyak Rp60 juta.

Namun dari usahanya itu, dengan tempo panenan udang selama 3 bulan, mereka sudah berhasil mengantongi uang Rp107 juta,” ungkap Ifan.

“Saat ini saya baru mulai dan sudah ada 3 kolam tambak disediakan. Untuk perkolam, sebut Ifan, memiliki luas ukuran 21 meter X 21 meter, dengan tinggi kolam 110 Cm, namun akan di isi air sedalam 80 Cm,” katanya.

Direncanakan olehnya, perkolam tambak akan ditebari benih udang Vaname sebanyak 60 ribu ekor, ungkap Ifan, seraya mengatakan, dari 3 kolam, 2 kolam yang akan di isi udang, dan itu untuk tahap awal, serta akan membeli benih udang sebanyak 120 ekor, dengan anggaran dana Rp5 juta untuk tebaran benih udang di 2 kolam.

Reporter : Susanto