Disporasu Gelar Penataran Wasit dan Juri Daerah Cabor Pencak Silat

disporasu gelar penataran
Disporasu gelar penataran wasit dan juri cabang olahraga pencak silat, sebagai upaya meningkatkan kompetensi SDM wasit dan juri di daerah. (ist)

MEDAN | Disporasu gelar penataran wasit dan juri cabang olahraga pencak silat, sebagai upaya meningkatkan kompetensi SDM wasit dan juri di daerah itu, juga sebagai salah satu persiapan untuk menghadapi PON 2024, dimana Sumatera Utara dan Aceh sebagai tuan rumah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor, saat membuka Penataran wasit dan juri pencak silat itu di Medan, Senin (4/7/2022) malam, mengatakan, melalui Penataran tersebut diharapkan dapat melahirkan wasit dan juri baru yang mumpuni.

Sehingga sinergi tiga pilar dalam dunia pencak silat yakni antara atlet, pelatih dan wasit ataupun juri benar benar profesional untuk mendapatkan atlet yang berkualitas demi kemajuan pencak silat di Sumatera Utara .

Ia mengatakan, tanpa terasa dua tahun lagi Sumut akan rnenjadi tuan rumah PON tahun 2024 bersama Aceh. Terkait hal tersebut diharapkan kepada semua peserta penataran wasit dan juri serta pengambil kebijakan dapat mempersiapkan diri untuk dapat mengambil peran baik sebagai pembina,manager, untuk bersama sama menyamakan niat dan langkah agar dapat mengibarkan panji panji Sumut di kancah nasional, maupun internasional.

“Untuk itu kepada peserta penataran saya harapkan dapat mengikuti semua materi dengan sungguh sungguh . Bertanyalah jika tidak tahu dan aplikasikan ilmu yang didapat dengan baik dan bertanggungjawab.Agar hasil yang diperoleh selama mengikuti Penataran dapat meningkatkan wawasan kompetensi dan inovasi para wasit dan juri pencak silat di Sumatera Utara,” katanya.

Sementara Ketua panitia penataran wasit dan juri, Eny Siswati mengatakan, pelatihan digelar Senin hingga Jumat (4-8) Juli 2022 bertempat di Nivia Hotel yang diikuti 30 peserta dari 10 kabupaten dan kota di Sumatera Utara dengan rancian Medan 6 orang, Deli Serdang 6 , Langkat 6, Nias Utara, Gunung Sitoli 2, Simalungun 1, Asahan 1, Tanjungbalai 1, Serdang Bedagai 1 dan Tebing Tinggi 4 orang.

Peserta merupakan wasit dan juri pencak silat yang aktif di daerahnya dan harus disertai surat tugas dari Pengcap IPSI daerah asal masing-masing dan mendapat rekomendasi dari Ketua Pengprov IPSI Sumut.

Tujuan pelatihan adalah meningkatkan standarisasi sertifikasi tenaga keolahragaan yang mempunyai kualitas dan kompetensi sehingga akan memberikan dampak signifikan dalam perkembangan prestasi khususnya pencak silat, dimana tenaga olahraga akan benar benar menjadi sebuah profesi yang terhormat dan bermartabat.

Tentunya juga pelatihan ini untuk menyongsong PON tahun 2024 dimana Sumatera Utara bersama Aceh menjadi tuan rumah. Diharapkan melalui pelatihan ini menghasilkan wasit dan juri yang handal profesional dan berkualitas.

Reporter : Yonan Febrian