Asahan  

DPRD Gelar Rapat Paripurna Bahas LKPJ Bupati Asahan TA 2019

KISARAN – DPRD Kabupaten Asahan menggelar Rapat Paripurna guna pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2019. Kegiatan dibuka langsung Ketua DPRD H Baharuddin Harahap, SH, MH, Rabu (22/4/2020) di Aula Rambate Rata Raya DPRD setempat.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Asahan mengatakan bahwa sesuai peraturan, paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima, pihaknya harus melakukan pembahasan LKPJ dengan memperhatikan, capaian kinerja, program kegiatan, pelaksanaan perda dalam menyelenggarakan urusan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka pada hari ini kita laksanakan rapat paripurna DPRD dalam acara penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Asahan tahun anggaran 2019, ” ucapnya seraya mengatakan LKPJ yang disetujui dapat dijadikan rekomendasi.

Bambang Rusmanto, mewakili pansus pembahasan LKPJ Bupati mengatakan PAD perlu dilakukan evaluasi mendalam di seluruh sumber pendapatan. Jika dilihat persentase realisasi yang ditetapkan belum memuaskan. Namun, jika dibandingkan dengan potensi dimiliki, semestinya target PAD jauh lebih besar dari yang ditetapkan.

Selain itu ia menyampaikan desentralisasi penting, strategis yang perlu mendapatkan perhatian yakni Bidang Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Kesbangpol Dalam Negeri, Sosial, Tenaga Kerja, Pengendalian Penduduk, KBP3A, Ketahanan Pangan, Lingkungan Hidup, Dukcatpil, Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Bidang Perhubungan.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengucapkan terimakasih kepada pimpinan, anggota DPRD khususnya Pansus yang telah melakukan pembahasan atas LKPJ tahun Angegaran 2019 sehingga dapat memberikan rekomendasi

” Ini wujud komitmen kita mematuhi peraturan yang berlaku sebagaimana ditetapkan dalam PP No 13 tahun 2019 dan disesuaikan dengan tatib DPRD. Rekomendasi yang disampaikan merupakan masukan, dan menjadi motivasi bagi Pemkab Asahan untuk meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah, peningkatan kinerja di masa yang akan datang, ” pungkas Bupati.

Reporter : Amien