Dua Akademisi USU Rencanakan Karo jadi Warisan Dunia

oleh -90 views
Bupati Karo Terkelin Brahmana saat menerima audensi akademisi USU Drs Wara Sinuhaji dan Dr Suprayitno di ruang kerja bupati. (Orbitdigitaldaily.com/Daniel Manik)

KABANJAHE – Berangkat melanjutkan study program doktor melalui program bea siswa di University Sains Malaysia di Pulau Penang Malaysia, dua akademisi Universitas Sumatera Utara (USU)  Drs Wara Sinuhaji, M.Hum dan Dr. Suparayitno melaksanakan audiensi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH.

Dalam silaturahmi itu, Tanah Karo bakal kedatangan pakar Guru Besar Arkeologi dari Pusat pemelitian Arkelog Global Pulau Pinang dan World Heritage UNESCO ke Medan Prof. Dato DR Mohktar Saidin.

Kedua akademisi USU itu yang menemui Terkelin di ruang kerjanya, sekaligus juga menyampaikan rencana mereka untuk menjadikan “Karo Menuju Warisan Dunia”.

“Tujuan kegiatan ini, guna mengupayakan Cagar Budaya di Kabupaten Karo dapat diperjuangkan menjadi World Heritage (warisan budaya peringkat dunia) dari UNESCO dan hal ini situs di Desa Limang Kecamatan Tigabinanga Kabupaten Karo, sekaligus membangun industri pariwisata berbasis kepada warisan budaya berkualitas dunia di daerah ini,” ujarnya.

Wara Sinuhaji menambahkan, dalam membangkitkan semangat Karo, dia mengharapkan kerjasama dengan dunia pendidikan dalam hal mengumpulkan perwakilan dari para guru dari daerah ini untuk menjadi peserta, demi menuju Karo Warisan Dunia, katanya.

“Rencana,  tanggal 25 Agustus 2019 dari pihak Cagar Budaya Malaysia akan berkunjung ke Karo, ini masih informasi, jika ada perubahan segera kita beritahukan ke Pemkab Karo,” ucapnya lagi kemarin.

Laporan: Daniel Manik