Dugaan Korupsi di DPRD Karo, Selasa Forgammka Demo Poldasu

oleh -1.106 views
Markas Poldasu Tujuan aksi Demo Forgammka yang rencananya akan digelar Selasa (15/10/2019)

KARO – Melihat belum adanya pengusutan secara serius oleh pihak Kepolisian atas laporan masyarakat mengenai dugaan penyelewengan uang negara oleh oknum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo.

Masyarakat Karo Anti Korupsi dan Forum Pergerakan Mahasiswa dan Pemuda Karo (Forgammka) akan melakukan aksi unjuk rasa, di depan kantor Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), pada hari Selasa, 15 Oktober 2019, mendatang.

Hal ini disampaikan juru bicara Forgammka Nhov Trakapta Putra Kaban selaku penanggungjawab aksi dan Yoky Pranata Sinulingga selaku pimpinan aksi kepada orbitdigitaldaily.com, Minggu (13/10/2019) di Kabanjahe.

Menurut Nhov, surat pemberitahuan aksi unjuk rasa sudah disampaikan ke Kapolresta Cq Kasat Intelkam Polrestabes Medan, pada Kamis, 10 Oktober 2019 kemarin.

“Kita akan menuntut agar Polda Sumut bekerja secara profesional dan mengusut tuntas dugaan korupsi di DPRD Karo. Serta meminta pihak Kepolisian tidak menutup-nutupi permasalahan tersebut,” ungkap Nhov Trakapta didampingi Yoky Lingga dan anggota Forgammka lainnya.

Sementara, sejumlah elemen masyarakat Karo memberi apresiasi apa yang telah dilakukan oleh Masyarakat Karo Anti Korupsi dan Forgammka. Mereka menyebut, hal ini harus diungkap seterang-terangnya agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Kalau begini, rakyat perlu tahu berapa sebetulnya anggaran perjalanan dinas Anggota DPRD Karo, dan kemana saja uang itu seharusnya digunakan. Hal ini harus diungkap, sehingga penggunaan uang negara itu jelas adanya,” sebut salah satu warga Kabanjahe bermarga Purba saat diminta tanggapannya oleh orbitdigitaldaily.com terkait kasus tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Masyarakat Karo Anti Korupsi telah menyerahkan temuan-temuan dugaan penyelewengan uang negara yang dilakukan oleh oknum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karo ke Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut).

Temuan tersebut sekaitan dengan dana Perjalanan Dinas atau biasa disebut Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) anggota DPRD Karo tahun 2017-2018, yang telah dilaporkan ke Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Sumut pada tanggal 11 September 2019 lalu.

Reporter : David Karo-karo